KelasEksekutifdiumj



Yüklə 7.13 Kb.
tarix29.10.2017
ölçüsü7.13 Kb.


Kelas Eksekutif di UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), selain menerima kelas reguler seperti perguruan tinggi yang lain, juga menerima kelas eksekutif. Kelas eksekutif ini dibuka untuk Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas llmu Kesehatan. Kelas-kelas ini dibuka, untuk memberi kesempatan mereka yang sudah bekerja untuk meningkatkan sumber daya insaninya. Karenanya, hari-hari kuliahnya dipilih hari-hari tertentu yang tidak mengganggu jam kerja mahasiswa bersangkutan.

Untuk Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik, kuliah dilaksanakan setiap Sabtu pukul 08.00-18.00 WIB di Kampus Cireundeu. Fakultas Hukum menyelenggarakan kuliah Jumat jam 18.30 WIB dan Sabtu mulai jam 08.00 WIB. Sedangkan Fakultas Ekonomi, kuliah diselenggarakan Selasa & Kamis/Jumat & Sabtu pukul 18.30-21.30 WIB atau khusus Sabtu mulai pukul 08.00 WIB. Untuk Fakultas Teknik, kuliah dilaksanakan Senin-Sabtu jam 17.00-21.00 WIB di Cilengsi (khusus Elektro, Mesin dan Industri). Fakultas Agama Islam, kuliah dilaksanakan Jumat, Sabtu dan Ahad. Dan untuk Fakultas llmu Kesehatan (dalam hal ini Kesehatan Masyarakat), kuliah hari Jumat dan Sabtu jam 08.00-18.00 WIB.

Meski kelas ini di luar kelas reguler, tetapi tetap bisa menikmati fasilitas dan

sarana pendukung sebagaimana yang dinikmati oleh mahasiswa reguler. Diantara hal yang mendukung kegiatan belajar mahasiswa tersebut antara lain letak kampus yang strategis, mudah dijangkau dari berbagai penjuru. Berdiri di atas tanah berbukit seluas 10 hektar, berudara sejuk dan nyaman. Suasana ini mampu mendukung kenyamanan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.

Fasilitas lainnya, setiap fakultas dilengkapi dengan laboratorium yang representatif. Memiliki perpustakaan pusat yang dilengkapi dengan perpustakaan di setiap fakultas. Uang kuliah terjangkau, dan bagi yang berprestasi diberikan beasiswa melalui berbagai sumber. Masjid, mushola, kantin, warnet dan wartel yang ada dapat mempermudah mahasiswa dalam melengkapi kebutuhan lainnya. Lapangan yang luas dan sarana olah raga yang memadai dapat menambah kreatifitas mahasiswa dalam mengisi waktu

luang.


Untuk menunjang kegiatan mahasiswa juga dapat dilihat berbagai bidang yang mendukung mengenai hal itu. Dalam Bidang Kesejahteraan Mahasiswa, misalnya adanya Koperasi Mahasiswa bagi mahasiswa tingkat Fakultas (dikelola BEM Fakultas). Pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu dan yang berprestasi (dan pihak Pernerintah). Bidang Penalaran dan Kajian, bidang ini telah banyak melakukan penalaran dan kajian-kajian serta diskusi yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers, KERTAS, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Dakwah Kampus (UKM Ulil Albab) serta BEM UMJ.

Sedangkan Bidang Bakat dan Seni, diantaranya kegiatan mahasiswa Pecinta Alam (Berada di Kampus A Jl KHA Dahlan Cireundeu, Ciputat Jakarta 15419 dan Kampus B Jl Cempaka Putih Tengah 27 Jakarta 10510) dan telah melakukan kegiatan pendakian gunung baik di dalam maupun luar negeri. UKM Olah raga telah mengikuti even Asosiasi Sepakbola Mahasiswa DKI Jakarta. UKM Seni Budaya telah melakukan berbagai aktivitas di dalam kampus dan telah berperanserta pada acara wisuda UMJ. UKM Tapak Suci juga aktif mengikuti even-even antar Perguruan Tinggi.

Untuk meningkatkan mutu mahasiswa tersebut, menrut Rektor UMJ Drs H Agus Sunarto MSi, di UMJ dilengkapi dengan Lembaga yang merupakan unsur pelaksana yang diperlukan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakal (LPM). Selain LPP dan LPM, UMJ juga memiliki Pusat Studi yaitu Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) dan Pusat Studi Peranan Wanita/Pemberdayaan Perempuan. Di samping Pusat Studi di Fakultas-fakultas sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Di dalam upaya meningkatkan mutu tersebut, UMJ juga berusaha bekerjasama yang saling mcnguntungkan dengan pihak lain. Misalnya dengan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pusdikiat Sumber Daya Manusia, Yayasan Obor Kebijakan, Kanwil Depag DKI Jaya, Universitas Gunadarma Jakarta, Kementerian Lmgkungan Hidup, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Semarang, IPB Bogor, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Semarang, lkatan Bidan Indonesia, Lembaga Bahasa LIA Ciputat, PT Mayantara Budaya Semesta, United Tractor Tbk-Pusat, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, BPH AKPER Muhammadiyah Ciamis, PD Muhammadiyah Jayapura, Yayasan RS Islam Jakarta, PD Muhammadiyah Kota Bekasi, dan PENDAIS Kandepag Tangerang. (lut).


Sumber:

Suara Muhammadiyah



Edisi 21 2002

Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə