Mgmp bahasa inggris smp



Yüklə 9.8 Kb.
tarix18.04.2018
ölçüsü9.8 Kb.

MGMP BAHASA INGGRIS - SMP

  1. Latar Belakang.

Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dantugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Permen PAN dan RB no 16 tahun 2009 tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Penilaian berkelanjutan (PB), dimana untuk menjadi guru yang profesional diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. Pelaksanaan PK GURU dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya

Salah satu masalah yang muncul menunjukan bahwa guru belum melaksanakan pengembangan profesi secara optimal dan mandiri.Untuk mengatasi permaslahan tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan profesi dengan Karya Tulis Ilmiah bagi guru dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut antara lain : 1) Guru belum paham betul tentang metode penelitian, 2) Guru belum mampu mengaitkan antar teori pendidikan, seperti :strategi, pendekatan, metode pembelajaran, dan psikologi pendidikan dengan penelitian atau pengembangan profesi, 3) Guru belum menguasai model-model pembelajaran, 4) Guru belum terampil membuat instrumen yang perlu digunakan dalam pengembangan profesi terutama penelitian. Berdasarkan uraian diatas, tugas guru sebagai pendidik cukup kompleks. Guru tidak hanya dituntut harus mampu merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, tetapi juga harus mampu melakukan penelitian terhadap hasil belajar peserta didik. Untuk melakukan penilaian, guru diharapkan dapat merencanakan dan melaksanakan penilaian baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran serta menindaklanjuti hasil penilaian tersebut.

Untuk meningkatkan profesional guru di tingkat SMP adalah melalui kegiatan MGMP. Dalam MGMP guru mendapat kesempatan memperdalam pengetahuan, mengembangkan keterampilan dan sikap profesional sehingga mampu melakukan peningkatan mutu pendidikan dengan dipandu oleh guru-guru inti. Yang dimaksud dengan guru inti adalah guru yang berperan untuk memfasilitasi proses pembelajaran guru di MGMP.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas maka guru-guru bahasa Inggris tingkat SMP di Kabupaten Bangli membentuk organisasi profesional yang disebut dengan MGMP bahasa Inggris SMP Kabupaten Bangli, yang anggotanya adalah seluruh guru-guru bahasa Inggris tingkat SMP di Kabupaten Bangli baik guru negeri maupun guru yayasan atau guru honorer.




  1. Dasar Hukum




    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab XI Pendidik dan Tenaga Kependidikan, pasal 30 sampai dengan pasal 44;

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

    3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

    4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;

    5. Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akadenik dan Kompetensi Guru

    6. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

    7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.




  1. TUJUAN

Kegiatan MGMP ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru Bahasa Inggris di SMP melalui berbagai kegiatan dengan filosopi” Dari Guru,Oleh Guru, Untuk Guru”


  1. SASARAN

Sasaran dari terbentuknya MGMP Bahasa Inggris ini adalah meningkatnya kompetensi guru-guru Bahasa Inggris SMP Negeri/Swasta di Kab. Bangli
E. Susunan Pengurus

Untuk meningkatkan aktifitas organisasi maka dibentuk pengurus MGMP dengan masa jabatan selama 4 tahun, dan setiap empat tahun diadakan pemilihan pengurus yang baru.

Adapun susunan pengurus masa bakti 2010-2014 adalah sebagai berikut:

Ketua : I Ketut Wahya,S.Pd

Wakil Ketua : I Made Widastra,S.Pd.

Sekretaris : I Wayan Susila,S.Pd



Bendahara : Ni Nyoman Suwendri,S.Pd

Anggota: seluruh guru-guru bahasa inggris di Kabupaten Bangli.

Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə