Penulisan karya tulis ilmiah sri Tasminatun, M. Si.,Apt Sebenarnya semua yang di bawah ini Insya Allah bakal ada lebih jelas di buku tata cara penulisan kti. Tapi ya udahlah, selamat belajar 



Yüklə 18.01 Kb.
tarix06.03.2018
ölçüsü18.01 Kb.

PENULISAN
KARYA TULIS ILMIAH Sri Tasminatun, M.Si.,Apt

Sebenarnya semua yang di bawah ini Insya Allah bakal ada lebih jelas di buku tata cara penulisan KTI. Tapi.. ya udahlah, selamat belajar 


  • Karya tulis ilmiah (KTI) adalah hasil pemikiran yang disusun dan ditulis berdasarkan metode ilmiah dan kaidah-kaidah penulisan ilmiah didasarkan dari hasil percobaan, studi literature ataupun dari hasil observasi di lapangan.



Karya Tulis Ilmiah (KTI) di FKIK

Karya Tulis Ilmiah merupakan tugas akhir yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang Sarjana Di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


TUJUAN

      • Mengenal masalah kesehatan atau yang berhubungan dengan kesehatan, yang memungkinkan untuk diteliti dengan metode ilmiah

      • Menentukan metode yang tepat untuk menjawab atau memecahkan masalah yang ditemui

      • Menganalisa dengan metode ilmiah masalah kesehatan atau yang berhubungan dengan kesehatan

      • Membuat kesimpulan dan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian




      • Menuliskan hasil penelitian (karya ilmiah) dengan memperhatikan tatacara akademik dalam bentuk laporan karya tulis ilmiah

      • Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berpikir secara komprehensif.

      • Menyebarluaskan jawaban atas pertanyaan ataupun pemecahan masalah ke khalayak berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkannya


Proposal KTI

  • HALAMAN JUDUL

  • HALAMAN PENGESAHAN

  • KATA PENGANTAR

  • DAFTAR ISI

  • DAFTAR TABEL (jika ada)

  • DAFTAR GAMBAR (jika ada)

  • DAFTAR SINGKATAN (jika ada)

  • DAFTAR LAMBANG (jika ada)

Singkatan ama lambang jarang banget ada di KTI. Biasanya penelitian laon yang lebih kompleks misalnya kayak penelitian molekuler

  • BAB I PENDAHULUAN

            • Latar Belakang Masalah

            • Rumusan Masalah

            • Tujuan Penelitian

            • Umum dan khusus

            • Manfaat Penelitian

            • Keaslian Penelitian

Tulis hasil penelitin sebelumnya yg mirip atau berkaitan dengan penelitian kita, tulis peneliti, judul dan hasilnya. Singkat padat aja, gak usah panjang-panjang amat, yang penting isinya menunjukkan hasil penelitian yang mirip dgn penelitian kita. Kalau gak ada samasekali, cari yg mirip. Misal neliti obat untuk aids, cari obat untuk untuk virus yang lain



  • BAB II. TINJUAN PUSTAKA

Tinjauan Pustaka

Tuliskan hal-hal yang penting berkaitan dengan variabel yg bakal diteliti, dari kata-kata yg ada di judul bisa dimasukin ke tinjauan pustaka untuk ditelaah. Dipilih-pilih loh ya, jangan asal copy-paste.
Kerangka Konsep

Kerangka berpikir kita, kenapa kita membuat hipotesis untuk penelitian ini BEDA dengan metopen/tahapan penelitian. Misalnya kalo neliti tentang tanaman yg bisa nyembuhin luka : kenapa kok kita bisa berpikir tanaman itu bisa nyembuhin luka? Misalnya di apunya efek anti bakteri, pembangunan sel yg cepat, dll, bisa dibuta dlm bentul bagan
Hipotesis

Dugaan kita tentang hasil penelitian ini


  • BAB III. METODE PENELITIAN

Desain Penelitian

Populasi dan Sampel Penelitian

Terutama untuk mahhsswa yg neliti populasi masyarakat yg ada kriteria eksklusi inklusi. Kalau pake hewan penelitian pakenya ya subyek penelitian. Bikin kriteria inklusi & eksklusi memang mahasiswa sering slaah persepsi. Inklusi itu adalah orang-orang yang bisa kita jadikan sampel. Ekslusi yg dikeluarkan dari sampel, BUKAN berarti orang yg berlawanan. Misal inklusi umur 25-30 tahun. Eksklusi lebih dari 40 tahun, tu berlawanan. Yg bener misal 25-40, eksklusi = orang umur 25-30 tahun yang penderita penyakit jantung. Memenuhi inklusi, tapi punya sesuatu yang harus diekslusikan
Lokasi dan Waktu Penelitian

Variabel Penelitian

Bebas terikat, dll, ntar ada kuliahnya
Definisi Operasional

Adalah definisi ketika kita penelitian. Mislanya definisi operasional tentang ukuran tekanan darah, berarti definisi operasionalnya terdiri dari : bagaimana cara kita ngukur tkanan darah (misal digunakan pake tensimeter, dalam posisi duduk. Dst.). terus dalam penelitian ini, kita sebut hipertensi kalau tekanan darahnya berapa. Hipotensi kalau tekanan darahnya berapa, normal kalau berapa, dst.



Alat dan Bahan Penelitian

Jalannya Penelitian

Tahapan kita lakukan dari awal, bedakan sama definisi operasional

Uji Validitas dan Reliabilitas (bila perlu)

Biasanya untuk kuesioner



Analisis Data

Data apa, analaisa menggunakan apa. Ntar di hasil bisa aja berubah gak sesuai yg diharapkan

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Kesulitan Penelitian (jika ada) tambahin di bab 3



Etik Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Hasil Penelitian

Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan dari yang kita teliti secara spesifik, bukan secara umum

Kesimpulan

Saran
DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


 
Sip udah. Lengkapnya ada di buku pink, met belajar.. 


Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2019
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə