S kripsi ini menggambarkan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif



Yüklə 19.91 Kb.
tarix18.01.2018
ölçüsü19.91 Kb.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis akhirnya dapat menyelesaikan skripsi ini tepat pada waktunya. Shalawat beserta salam semoga tetap terlimpah curahkan pada junjunan alam Nabi Muhammad SAW, tak lupa kepada para keluarganya, sahabatnya dan akhirnya kita selaku umatnya yang Insya Allah akan tetap istiqomah dalam ajarannya.

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Pelajaran IPS dalam Materi Perkembangan Teknologi Produksi dan Teknologi Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Skripsi ini menggambarkan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Selain itu, skripsi ini diharapkan dapat memberi bahan masukan kepada guru dalam upaya meningkatkan dan memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah.

Tak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan skripsi ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna. Karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penyusun akan terima dengan senang hati.

Akhir kata, penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
Bandung, Desember 2014

Penulis


UCAPAN TERIMAKASIH
Dalam penyelesaian skripsi ini, peneliti tak lepas dari bantuan, dukungan dan dorongan banyak pihak. Untuk itu, dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :

  1. Allah swt, lakal hamdu wasy syukru ya Rabb. Allah, Dialah sumber kekuatan penulis yang menggerakkan hati dan akal, menggelorakan semangat dalam dada. Dialah segalanya. Duhai Rabb-ku, segala puji bagimu yang telah menganugrahkan perjalanan hidup yang indah ini.

  2. Rasulullah SAW, sosok tauladan dan kesempurnaan akhlaknya membuat penulis masih berdiri di sini, tegar. Karena Beliau mengajari penulis arti indah perjuangan.

  3. Ayahanda (Agus Nugraha, S.Pd.) dan Ibunda (Iceu Kurniasih, S.Pd.) tersayang, terimakasih atas do’a, cinta dan pengorbanan yang telah diberikan kepada penulis, membuat penulis ingin terus berjuang. Serta kakaku (Hani Huzaimah, S.Pd.) terimakasih atas doa, motivasi dan waktunya, senantiasa sabar menemani perjalanan penulis hingga selesainya skripsi ini.

  4. Bapak Drs. H. Dadang Mulyana. M.Si., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung, sekaligus juga sebagai dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan motivasi sampai selesainya skripsi ini. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kelancangan penulis selama proses bimbingan skripsi ini.

  5. Ibu Dra. Aas Saraswati, M.Pd., selaku Ketua Program Studi PGSD UNPAS.

  6. Bapak Drs. H. Jaka Permana, M.M., M.Pd., selaku Sekertaris Program Studi PGSD UNPAS.

  7. Bapak Drs. Dindin Muhamad Zaenal Muhyi, M.Pd., selaku dosen pembimbing II, yang telah memberikan arahan juga motivasi dalam bimbingan kepada penulis dalam menyusun skripsi ini. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kelancangan penulis selama proses bimbingan skripsi ini.

  8. Ibu Dra. Hj. Euis Suherti, M.Pd., selaku dosen wali dan juga memberikan motivasi untuk menyelesaikan skripsi ini.

  9. bapak dan ibu dosen pengajar program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNPAS yang telah memberikan ilmunya selama penulis menempuh studi.

  10. Bapak Adis, dan seluruh staf karyawan FKIP UNPAS yang telah membantu memperlancar dan menyelesaikan administrasi selama penulis menjalani perkuliahan.

  11. Ibu Anyi Sugiarti, S.Pd. selaku Kepala SDN Gunungleutik 04, Ibu Dedeh Kurniasih, S.Pd. selaku guru kelas IV, dan seluruh guru-guru SDN Gunungleutik IV atas segala bantuan dan kesempatan yang diberikan kepada penulis untuk melakukan penelitian di SDN Gunungleutik 04.

  12. siswa-siswi kelas IV SDN Gunungleutik 04 Kec Ciparay Kab Bandung, terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya selama penelitian.

  13. teman-teman seperjuangan: Keluarga Besar Choice Club (PGSD kelas B 2010) terimakasih atas kebersamaan dan hari-hari yang dilalui selama perkuliahan dengan penuh keceriaan dan penuh rasa kekeluargaan. Penulis akan selalu merindukan setiap kebersamaan bersama kalian.

  14. teman-teman seperjuangan PGSD UNPAS angkatan 2010 terimakasih telah memberi warna-warni indah di atas kanvas kehidupan penulis.

  15. saudara-saudaraku: Gina Gusliana, M.Pd., Agi Dahtiar, M.Pd., beserta keluarga (terimakasih atas ilmu, support dan bantuannya hingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini), Mustika Maulida, Am.Keb., Sifa, De Ira, , Deden, Anza, Asri, Ahsan Fauzan, Nurul, Zahra terimakasih atas kebersamaannya membuat suasana selalu ceria.

  16. rekan-rekan guru di SDN Pamoyanan, terimakasih atas do’a dan motivasinya.

  17. adik-adik HIMA PGSD UNPAS terimakasih atas doa dan motivasinya.

  18. terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyelesaian skripsi ini.

Jazakumulloh khoiron katsiron, semoga semua kebaikan yang telah diberikan kepada penulis menjadikan amal kebaikan dan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang lebih baik. Amin.



Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə