Semester ganjil genap kata pengantar

Sizin üçün oyun:

Google Play'də əldə edin


Yüklə 0.66 Mb.
səhifə1/8
tarix17.01.2019
ölçüsü0.66 Mb.
  1   2   3   4   5   6   7   8





AQIDAH AKHLAK

KELAS 9

SEMESTER GANJIL - GENAP


KATA PENGANTAR
Semata-mata misi diutusnya Nabi Muhammad SAW adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlaq. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam Al-qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat Al-qur’an ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi Muhammad SAW.

Dalam ajaran Islam, pendidikan akhlaq adalah yang terpenting. Penguatan Akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlaq mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya.” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaqnya.” Dengan kata lain, hanya akhlaq mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan Akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Akidah Akhlaq diorientasikan pada pembentukan akhlaq yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Akidah akhlaq ini ditulis dengan semangat tersebut di atas. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agama, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi mendatang yang berakhlak mulia.wabillāhittaufīq wal hidāyah…

PENYUSUN


PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB-LATIN
Berikut ini adalah pedoman transliterasi yang diberlakukan berdasarkan Keputusan Bersama Mentri Agama dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 1987 dan Nomor 0543/b/u/1987.

1. Konsonan

No

Arab

Latin
No

Arab

Latin
No

Arab

Latin

1

أ

Tidak dilambangkan


11

ز

z
21



ق

q

2



ب

B
12



س

s
22



ك

k

3



ت

T
13



ش

sy
23



ل

l

4



ث


14



ص


24



م

m

5



ج

J
15



ض


25

ن

n

6



ح


16



ط


26



و

w

7



خ

Kh
17



ظ


27



ه

h

8



د

D
18



ع


28



ء

9

ذ

Ż
19



غ

g
29



ي

y

10



ر

R
20



ف

f

2. Vokal Pendek 4. Diftong

ــــَــــ = a كَتَبَ kataba ــــَيْ = ai كَيْفَ kaifa

ــــِــــ = i سُئِلَ su

ila ــــَوْ = au حَوْلَ ḥaula

ــــُــــ = u يَذْهَبُ yażhabu



3. Vokal Panjang

ــــَــــا = ā قَالَ qāla

ــــِــــي = ī قِيْلَ qīla

ــــُــــو = ū يَقُوْلُ yaqūlu


PETUNJUKPENGGUNAANBUKU

Amati dan Perhatikan adalah tahapan scientifik pertama yang berisi gambar dan atau kisah yang berhubungan dengan materi. Tujuannya adalah merangsang rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari.

Setiap awal bab ditampilkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Harapannya adalah peserta didik mempunyai gambaran terhadap apa yang akan dipelajari dalam bab ini.



Penasaran ? adalah tahapan scientifik kedua yang berisi pertanyaan-pertanyaan peserta didik dari hasil pengamatan gambar dan atau kisah pada tahapan sebelumnya.





Buka Cakrawalamu ! adalah tahapan scientific ‘mengeksplorasi’ yang berisi materi/pemahaman konsep. Tujuannya adalah memperkaya pengetahuan peserta didik. Diharapkan peserta didik juga mencari materi pada sumber-sumber yang lain.



Refleksi adalah tahapan scientific yang berisi penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari berisi soal-soal penalaran dan atau kegiatan pemilihan sikap dari materi yang telah dipelajari.

Kembangkan Wawasanmu ! adalah tahapan scientific ‘menalar’ yang berisi tentang asosiasi, diskusi, mengkomunikasikan, mencipta dan sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan dan tagihan indikator ketercapaian.







Rangkuman adalah kesimpulan-kesimpulan dari materi yang dipelajari.





DAFTAR ISI
Kata Pengantar

Pedoman Translitarasi Arab-Latin

Petunjuk Penggunaan buku

Daftar Isi



SEMESTER GANJIL

BAB I IMAN KEPADA HARI AKHIR DAN LAM GAIB YANG BERHUBUNGAN DENGA N HARI



  1. Pengertian Hari akhir

  2. Macam-macam Hari Akhir

  3. Nama-nama Hari Akhir

  4. Tanda-tanda Kiamat

  5. Peristiwa Yang Berhubungan Dengan Hari Akhir

  6. Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

BAB II AKHLAK TERPUJI PADA DIRI SENDIRI (BERILMU,KERJA KERAS,KREATIF DAN PRODUKTIF)

  1. Berilmu

  2. Ciri-ciri dan Perilaku Orang Yang Berilmu

  3. Kerja Keras

  4. Cara membiasakan dan Hikmah Kerja Keras

  5. Kreatif

  6. Membiasakan Dan Ciri-ciri Orang Yang Kreatif

  7. Produktif

  8. Ciri-ciri Orang Yang Produktif

BAB III ADAB KEPADA TETANGGA

  1. Adab-adab Dalam Bertetangga Dan Bermasyarakat

BAB IV KETELADANAN SAHABAT UMAR BIN KHATTAB RA

  1. Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab ra

SEMESTER GENAP

BAB I IMAN KEPADA QADHA DAN QODAR



  1. Pengertian Iman Kepada Qadha dan Qodar

  2. Macam-macam Taqdir

  3. Kewajban Beriman Kepada Qadha dan Qodar

  4. Ciri-ciri Orang Yang Beriam Kepada Qadha Dan Qodar

  5. Manfaat Iman Kepad a Qadha dan Qodar

BAB II ADAB PERGAULAN REMAJA

  1. Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja

  2. Akhlak Tercela dalam Pergaulan Remaja

\

BAB III ADAB TERHADAP LINGKUNGAN



  1. Adab Terhadap Hewan

  2. Adab Terhadap Tumbuhan

  3. Adab Ketika Di Jalan Dan Tempat Umum

BAB IV KETELADANAN SAHABAT USMAN BIN AFFAN DAN ALI BIN ABI THALIB RA

  1. Keteladanan Sahabat Usman Bin Affan Dan Ali Bin Abi Thalib ra






BAB I

IMAN KEPADA HARI AKHIR DAN ALAM GAIB

YANG BERHUBUNGAN DENGAN HARI AKHIR



KOMPETENSI INTI

  1. Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

  3. Memahamidanmenerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

  4. Mengolah, menyaji dan menalar dalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, mengkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


KOMPETENSI DASAR

    1. Meyakini akan adanya hari akhir.

    2. Meyakinimacam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumulhisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)

  1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir

  2. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)

  1. Memahami pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Hari Akhir tersebut

  2. Memahami macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)

  1. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir


e:\persekolahan\kur 13 aqidah akhlak\buku aa 2013\gambar untuk buku\gadget.png
A. AMATI DAN PERHATIKAN




(Gb. 1.1. Gunung Meletus)
http://www.dkn.go.id/site/images/opini/8tahun2.jpg

(Gb.1.2. Peristiwa Tsunami Aceh, 2004)



B. PENASARAN ?
Setelah kalian memperhatikan dan mengamati gambar/cerita di atas, ada beberapa pertanyaan yang perlu kalian renungkan sebagai berikut. Daftarlah sejumlah pertanyaan dengan menggunakan apa, mengapa, bagaimana, dimana, kapan. imponderables1.jpg



NO

Kata Tanya

Pertanyaan



Apa

Apa yang terjadi dalam gambar?

























d:\buku-soleh\gambar untuk buku\clipart-cartoon-design-17 copy.jpg


C. BUKA CAKRAWALAMU !

Untuk membuka cakrawala kalian tentang Iman kepada hari akhir,ayobaca materi berikut!



    1. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Pernahkah kamu melihat fenomena alam seperti tsunami atau gunung meletus. sehingga perasaanmu merasa takut? Melalui uraian berikut ini, mari kita belajar untukmencari jawaban peristiwa tersebut.

Rukun iman yang kelima adalah beriman kepada hari akhir. Iman kepada hari akhir adalah percaya akan adanya hari akhir. Hariakhir adalah hari berakhirnya kehidupan dunia. Pada saat itu baik dan buruknya perilaku seseorang akan dibalas bergantung bagaimanakadar keimanan seseorang dalam hatinya.Orang yang benar-benar beriman adanya hari kiamat akansenantiasa menjaga agar perilakunya baik dan berusaha menjauhi hal-hal yang buruk.


    1. Macam-Macam Hari Akhir

  1. Kiamat ughra,adalah kiamat kecil, misalnya terjadinya kematian, terjadinya musibah seperti banjir, gempa bumi,gelomang tsunami, dsb.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ (٥٧)

Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan (QS.Al-Ankabut ayat57 )

  1. Kiamat kubra, adalah kiamat besar, yaitu saat rusaknya jagadraya dengan segala isinya.

إِذَازُلْزِلَتِالأرْضُزِلْزَالَهَا (١)وَأَخْرَجَتِالأرْضُأَثْقَالَهَا (٢)وَقَالَالإنْسَانُمَالَهَا (٣)يَوْمَئِذٍتُحَدِّثُأَخْبَارَهَا (٤)بِأَنَّرَبَّكَأَوْحَىلَهَا (٥)يَوْمَئِذٍيَصْدُرُالنَّاسُأَشْتَاتًالِيُرَوْاأَعْمَالَهُمْ (٦)فَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍخَيْرًايَرَهُ (٧)وَمَنْيَعْمَلْمِثْقَالَذَرَّةٍشَرًّايَرَهُ (٨)

Artinya :

  1. Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),

  2. Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,

  3. Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",

  4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,

  5. Karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.

  6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka

  7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.

  8. Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.

الْقَارِعَةُ (١)مَاالْقَارِعَةُ (٢)وَمَاأَدْرَاكَمَاالْقَارِعَةُ (٣)يَوْمَيَكُونُالنَّاسُكَالْفَرَاشِالْمَبْثُوثِ (٤)وَتَكُونُالْجِبَالُكَالْعِهْنِالْمَنْفُوشِ (٥)فَأَمَّامَنْثَقُلَتْمَوَازِينُهُ (٦)فَهُوَفِيعِيشَةٍرَاضِيَةٍ (٧)وَأَمَّامَنْخَفَّتْمَوَازِينُهُ (٨)فَأُمُّهُهَاوِيَةٌ (٩)وَمَاأَدْرَاكَمَاهِيَهْ (١٠)نَارٌحَامِيَةٌ (١١)



Artinya :

  1. Hari kiamat,

  2. Apakah hari kiamat itu?

  3. Tahukah kamu Apakah hari kiamat itu?

  4. Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,

  5. Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

  6. Dan Adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,

  7. Maka Dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.

  8. Dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,

  9. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

  10. Tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu?

  11. (yaitu) api yang sangat panas.




    1. Nama-Nama Lain Hari Akhir

  1. Yaumul akhīr artinya hari akhir ( QS. Al-Baqoroh ayat 8 )

  2. Yaumul qiyāmah artinya hari kiamat ( QS. Al-Baqoroh ayat 85 )

  3. Yaumul ba’ṡartinya hari kebangkitan dari alam kubur (QS.Ar-Rum ayat 56)

  4. Yaumul isāb artinya hari perhitungan amal manusia ( QS. Shod ayat 16 )

  5. Yaumul dīn artinya hari pembalasan ( QS. Al-Fatihah ayat 4 ).

  6. Yaumul jam’i artinya hari berkumpul di padang mahsyar( QS. As- Syuraa ayat 7 )

  7. Yaumulhaq artinya hari yang pasti terjadi ( kiamat ) ( QS. An-naba ayat 29 )

  8. Yaumul khulūd artinya hari kekekalan di alam akhirat ( QS. Qof ayat 34 )

  9. Yaumul fali artinya hari keputusan masuk surga atau neraka ( QS. Ad-dukhon ayat 40 )

  10. Yaumul wa’id artinya hari terlaksananya ancaman Allah bagi orang ingkar (QS. Qof, 20 )

  11. Yaumul asroh artinya hari penyesalan atas dosa ( QS. Maryam ayat 39 )

  12. Yaumul khurūj artinya hari keluar dari kubur ( QS. Qof ayat 42 )

  13. Yaumul taghābun artinya hari ditampatkan kesalahan ( Qs. At-Taghobun : 9)

  14. Yaumul tanād artinya hari panggil memanggil ( Qs. Al-Mukmin ayat 32 )

  15. Yaumul mau’ūd artinya hari yang dijanjikan ( Qs. Al-Buruuj ayat 2 )

  16. Yaumul fath artinya hari kemenangan ( Qs. Al-Sajdah ayat 29 )

  17. Yaumul kabīr artinya hari besar ( Qs. Huud ayat 3 )

  18. Yaumul ‘asīr artinya hari yang sangat sulit ( Qs. Al-Mudatsir ayat 9 )

    1. Tanda-Tanda Kiamat

  1. Kiamat Sughra (kecil)

  1. Diutusnya Rasulullah SAW sebagai Nabi terakhir

  2. Disia-siakannya amanathttp://t3.gstatic.com/images?q=tbn:and9gcszugjbjzu7rgypc6d5pfzi7i_wvkuxzgwnwyuvn3tx_x273nfolq

  3. Penggembala menjadi kaya

  4. Sungai Efrat berubah menjadi emas

  5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam

  6. Banyak terjadi pembunuhan

  7. Munculnya kaum Khawarij

  8. Perang antara Yahudi dan Umat Islam

  9. Dominannya Fitnah

  10. Sedikitnya ilmu

  11. Merebaknya perzinahan

  12. Banyaknya kaum wanita

  13. Bermewah-mewah dalam membangun masjid

  14. Menyebarnya riba dan harta haram




  1. Kiamat Kubra(besar)

Rasulullah S.A.W. menjelaskan sepuluh tanda kiamat kubra:

  1. Asap (dukhon)

  2. Dajjal

  3. Binatang melata di bumi(dabbah)

  4. Terbitnya matahari sebelah barat

  5. Turunnya Nabi Isa A.S

  6. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

  7. Gerhana di timur

  8. Gerhana di barat

  9. Gerhana di jazirah Arab

  10. Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka




    1. Peristiwa Yang Berhubungan dengan Hari Akhir

  1. Alam Barzakh

Alam barzah juga disebut alam kubur. Di alam barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan buruk. Firman Allah SWT:

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (١٠٠)



Artinya :Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang diucapkannya saja.dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan (Qs. Al-Mukminun ayat 100)


  1. Yaumul Ba’ ṡ

YaumulBa’ṡ artinya hari kebangkitan, yaitu hari bangkitnya kembali seluruh umat manusia sejak Nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir dari alam . Firman Allah SWT:

يَوْمَئِذٍيَصْدُرُالنَّاسُأَشْتَاتًالِيُرَوْاأَعْمَالَهُمْ (٦)



Artinya : Pada hari itu manusiake luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka (QS. Al-Zalzalah : 6)


  1. Yaumul Maḥsyar 

Yaumul Maḥsyar adalah hari berkumpulnya seluruh umat manusia. Setelah dibangkitkan dari alam kubur , manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Firman Allah SWT
وَيَوْمَنُسَيِّرُالْجِبَالَوَتَرَىالأرْضَبَارِزَةًوَحَشَرْنَاهُمْفَلَمْنُغَادِرْمِنْهُمْأَحَدًا (٤٧(

Artinya : dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka.(QS.al-Kahfi:S47)
يَوْمَئِذٍيَصْدُرُالنَّاسُأَشْتَاتًالِيُرَوْاأَعْمَالَهُمْ (٦)

Artinya : Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka[ ( QS. Zalzalah ayat 6 )

Dostları ilə paylaş:
  1   2   3   4   5   6   7   8
Orklarla döyüş:

Google Play'də əldə edin


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə