Sistem berjalan

Sizin üçün oyun:

Google Play'də əldə edin


Yüklə 466.88 Kb.
səhifə1/3
tarix28.10.2017
ölçüsü466.88 Kb.
  1   2   3


BAB 3

SISTEM BERJALAN


  1. Sejarah Perusahaan

PT. Pelayaran Sindutama Bahari berkedudukan di Jakarta, didirikan berdasarkan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Nomor 70 Tanggal 23 Oktober 1989 yang dibuat di hadapan Samsul Hadi, Sarjana Hukum, Notaris di Jakarta. Dan disyahkan oleh Menteri Kehakiman dengan Surat Keputusan No. 02-4.140 HT.01.04 – Th.98 tanggal 23 April 1998 Akte Pendirian tersebut terakhir dirubah menjadi No.20.- karena ada perubahan susunan pengurus. Anggaran dasar perusahaan tersebut telah mengalami beberapa perubahan dan masing-masing perubahan akta tersebut telah didaftarkan kepada Menteri Kehakiman Republik Indonesia serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia. Perubahan terakhir tercatat pada Berita Acara Rapat Perseroan Nomor 33 tanggal 28 Maret 2008 yang dibuat dihadapan Yani Indrawaty Wibawa, Sarjana Hukum, Notaris di Jakarta. Akta tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Nomor AHU-23986.AH.01.02 Tahun 2008 tanggal 8 Mei 2008.

Sejarah PT. Pelayaran Sindutama Bahari dimulai pada tahun 1985 ketika pemilik PT. Pelayaran Sindutama Bahari, Dannie Soegoro bekerjasama dengan perusahaan yang cukup besar dan memiliki kurang lebih 30 armada penyebrangan ferry Ro-Ro yang berada dibeberapa perairan Indonesia, bernama PT. DLU (Dharma Lautan Utama) tepatnya berdomisili di Surabaya. Dan pada saat itu pemilik PT. Pelayaran Sindutama Bahari bekerjasama dengan PT. DLU untuk pengoperasian 2 unit armada. Yang pada akhirnya karena tidak ada keberhasilan dalam pengoperasian kapal tersebut, pada tahun 1996 diputuskan untuk dibagi sama rata, satu armada untuk PT. DLU dan satu armada untuk PT. Pelayaran Sindutama Bahari.

Di sepanjang sejarah dan perjalanannya, PT. Pelayaran Sindutama Bahari dari divisi penyebrangan yang dimiliki akhirnya dioperasikan sendiri dan mulailah mengembangkan sayap ke divisi ship broker (charter tanker dengan Pertamina) yang dimana mulai bekerjasama dengan Pertamina charter kapal tanker pada tahun 1996 sampai dengan tahun 2008 dikarenakan adanya perubahan Peraturan Pemerintah yang mengharuskan kapal yang di charter oleh Pertamina harus berbendera Indonesia, sampai akhirnya perusahaan mengembangkan lebih besar lagi untuk divisi penyebrangan, pada tahun 2009 perusahaan tersebut membeli kapal ke Jepang yang sekarang bernama MT. Sindu Dwitama.


  1. Lokasi Kantor

PT. Pelayaran Sindutama Bahari mempunyai Kantor Pusat yang berlokasi di Jl. Dr. Saharjo No. 42 Manggarai, Jakarta Selatan, telp. 021-83790596, 021-8293736, dan Fax 021-8351766. Dan mempunyai 2 Kantor Cabang, Lokasi Kantor Cabang Utama di Jl. Yos Sudarso (Depan Majid Serumbung) Lembar, Lombok Barat, dan Lokasi Kantor Cabang Kedua di ASDP Indonesia Ferry (Persero) Padang Bai, Bali. PT. Pelayaran Sindutama Bahari juga mempunyai 2 Kantor Operasional, Lokasi Operasional di Pelabuhan Lembar, Lombok, Propinsi Nusa Tenggara Barat, dan di Pelabuhan Padang Bai, Bali. Tenaga kerja meliputi tenaga kerja kantor dan awak kapal. Jumlah tenaga kerja kantor 43 orang dan awak kapal 57 orang.


  1. Daerah Operasi

Jalur pelayaran adalah Padang Bai (Pulau Bali) – Lembar (Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat) dengan mengambil jalur perairan menyeberangi Selat Lombok. Perjalanan ini dapat di tempuh dalam waktu 4-5 jam perjalanan dengan jarak tempuh 36 mil laut. Berikut ini adalah gambaran jalur penyeberangan dari Padang Bai (Pulau Bali) – Lembar (Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat).

Gambar 3.1 : Selat Lombok




  1. Perijinan Yang di Miliki

Perijinan yang dimiliki untuk mendukung usaha sebagai berikut :

  1. Persatuan Pelayaran Nasional Indonesia (INSA) Nomor. 1449/Insa/VI/2007, tanggal 15 Juni 2007.

  2. Angka Pengenal Importir – Produsen (API-P), Nomor. 090509042-P tanggal 30 Mei 2011, Jenis izin usaha; Kapal Laut, Mesin Kapal dan Suku Cadangnya.

  3. Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya masa bakti 2004 - 2007, Nomor anggota 1154.

  4. Kartu Tanda Anggota Biasa Kamar Dagang dan Industri Jakarta Selatan, Nomor Anggota 20203-98033843/20-7-1998, Nomor Registrasi Nasional 120426-010673, berlaku sampai dengan 30 Juni 2013.

  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Nomor : 01.348.412.6-015.000.

  6. Tanda Daftar Perusahaan Perseroan Terbatas Nomor 09.03.1.61.06634, yang dikeluarkan Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Administrasi Jakarta Selatan tanggal 23 Desember 2009 dan berlaku sampai dengan 15 Januari 2015.

  7. Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) Nomor BXXV-471/AL.58, yang di keluarkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut tanggal 24 Desember 2001.

  8. Surat Keterangan atas nama Direktur Jenderal Perhubungan Laut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Nomor : AT 549/13/3/268/08 tanggal 28 Oktober 2008, tentang perubahan penanggung jawab perusahaan.




  1. Asuransi

Sebagai jaminan terhadap segala resiko yang mungkin terjadi sebagai akibat pelaksanaan jasa penyeberangan ferry baik dari sisi perusahaan maupun penggunaan jasa, maka perusahaan akan memberi jaminan asuransi yang merupakan tanggung jawab perusahaan dalam menyelenggarakan jasa penyeberangan ferry. Penutupan asuransi dan tanggung jawab pengangkutan akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku :

  1. Asuransi kapal yaitu full insurance.

  2. Asuransi awak kabin untuk kecelakaan.

Asuransi penumpang, kendaraan dan barang (telah dimasukkan ke dalam tiket penjualan).


  1. Visi dan Misi Perusahaan

  1. Visi Perusahaan

Visi Perusahaan adalah “Optimalisasi hasil melalui kinerja SDM yang professional”.


  1. Misi Perusahaan

Misi Perusahaan adalah “Mendorong terwujudnya peningkatan mutu layanan angkutan penyebrangan melalui perbaikan mutu kinerja”.


  1. Nilai-nilai Organisasi dan Tujuan Perusahaan

  1. Nilai-nilai Organisasi

  1. Profesional

  2. Kerjasama

  3. Keserasian, Keselarasan dan Keseimbangan

  4. Kesejahteraan

  1. Tujuan Perusahaan

Menjalankan perusahaan pelayaran samudera dan nusantara yang meliputi usaha pengangkutan penumpang, barang dan hewan dengan kapal laut ke dan dari luar maupun dalam negeri, termasuk:

  1. Menjalankan usaha dalam bidang angkutan laut dan menyelenggarakan muatan lanjutan (transshipment through cargo), yang meliputi angkutan orang dan barang, baik untuk pelayaran Nasional penyeberangan antar pulau, sungai, danau maupun Internasional.

  2. Semua kegiatan untuk bertindak sebagai agen, baik keagenan lokal (local agency) maupun keagenan umum (general agency) dari usaha pelayaran niaga untuk hal-hal yang lazim dikerjakannya.

  3. Menjalankan usaha pelayaran dengan chater kapal.

  4. Jalan laut merupakan salah satu cara untuk menghubungkan ke dua Pulau tersebut, karena belum ada jembatan yang menghubungkannya.

  5. Banyaknya hasil industri di Pulau Jawa yang harus di distribusikan dan dipasarkan ke Daerah Timur Indonesia seperti Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Pulau Bali dan juga sebaliknya, banyak hasil industri kerajinan, hasil ternak dan pertanian yang dipasarkan ke Pulau Bali. Demikian juga objek wisata diwilayah di NTB yang keunggulannya sangat berbeda dengan wilayah lain di Nusantara.

  6. Tingkat keamanan menggunakan angkutan laut lebih terjaga karena di atas angkutan laut terdapat tenaga keamanan yang memadai.

  7. Penyeberangan dilayani oleh dua dermaga di Pelabuhan Padang Bai (Pulau Bali) dan Pelabuhan Lembar (Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat).






  1. Struktur Organisasi

  1. Struktur Organisasi Di Kantor

Gambar 3.2 : Struktur Organisasi Kantor





  1. Tugas dan Wewenang

  1. Tugas dan Wewenang Kantor

PT. Pelayaran Sindutama Bahari dipimpin oleh Direktur Utama yang dibantu oleh Direktur Operasi, Direktur Pemasaran dan Direktur Keuangan. Direktur Operasi membawahi Manajer Armada, Manajer Operasional dan Umum serta Manajer Sumber Daya Manusia. Direktur Keuangan membawahi staf pemasaran dan Direktur Keuangan membawahi Bagian Keuangan, Akuntansi dan kasir. Secara garis besar pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dapat dijabarkan sebagian berikut :


  1. Direktur Utama

Direktur Utama adalah unsur pimpinan tertinggi dalam mengelola perusahaan dan bertanggungjawab kepada Komisaris. Direktur mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

        1. Memimpin perusahaan sesuai dengan tugas pokok dan kebijaksanaan umum yang telah digariskan perusahaan dan memberikan arahan dalam pembinaan karyawan agar tercapai daya guna dan hasil guna yang maksimal.

        2. Menentukan kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan perusahaan.

        3. Mengadakan koordinasi internal terhadap seluruh unit-unit organisasi di lingkungan perusahaan dan koordinasi eksternal dengan instansi-instansi luar yang terkait.




  1. Direktur Operasi

Direktur Operasi bertanggungjawab atas kegiatan perusahaan di bidang operasional kapal dan melapor kepada Direktur Utama. Tugas, tanggung jawab dan wewenang Direktur Operasi, meliputi :

  1. Bertanggungjawab mengenai operasi dan pemeliharaan kapal.

  2. Memberikan petunjuk kepada unit yang dibawahinya, tentang kegiatan teknis yang harus dilaksanakan dalam pengoperasian termasuk pemeliharaannya.

  3. Mengawasi kegiatan serta pengadaan kebutuhan bahan.

  4. Merencanakan pemakaian alat-alat kebutuhan operasional sesuai dengan fungsinya.

  5. Menyusun time schedule operasi.

  6. Menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam pelaksanaan rencana tugas yang telah ditetapkan oleh pimpinan.




  1. Direktur Keuangan

Direktur Keuangan bertanggungjawab atas kegiatan perusahaan di bidang keuangan dan melapor kepada Direktur Utama. Tugas, tanggung jawab dan wewenang Direktur Keuangan, meliputi :

  1. Bertanggungjawab mengenai operasional dan pengelolaan keuangan perusahaan.

  2. Memberikan petunjuk kepada unit yang dibawahinya, tentang kegiatan teknis keuangan perusahaan agar peredaran uang di dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

  3. Mengawasi kegiatan serta pengadaan kebutuhan keuangan perusahaan.

  4. Menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak berkompeten dalam bidang keuangan.




  1. Direktur Pemasaran

Direktur Pemasaran bertanggungjawab atas kegiatan perusahaan di bidang pemasaran dan melapor kepada Direktur. Tugas, tanggung jawab dan wewenang Direktur Pemasaran, meliputi :

  1. Bertanggungjawab kepada Direktur mengenai pemasaran dan pencarian pelanggan.

  2. Menjalin hubungan baik terhadap pelanggan.

  3. Menyusun strategi dalam hal menjaring calon pelanggan.

Selain itu, PT. PELAYARAN SINDUTAMA BAHARI juga didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal dan berkualitas untuk memajukan perusahaan dalam menghadapi persaingan. Job description untuk masing-masing jabatan adalah sebagai berikut :



  1. Kepala Cabang

  1. Kepala cabang dipilih dan diangkat maupun diberhentikan oleh direksi.

  2. Bertanggungjawab langsung kepada direksi.

  3. Kepala cabang berwenang mengatur segenap komponen organisasi cabang yang dipimpinnya meliputi: koordinasi, membuat program kerja, mengadakan hubungan dengan instansi terkait, merundingkan, membuat dan menandatangani transaksi/perjanjian dengan sepengetahuan direksi.

  4. Kepala cabang bertanggung jawab secara fungsional sebagai ketua tim petugas yang ditunjuk.

  5. Kepala cabang mempunyai wewenang penuh untuk memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan penerapan sistem manajemen keselamatan (ism code).

  6. Kepala cabang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dibantu oleh wakil kepala cabang.

  7. Sebagai ketua tim dpa kepala cabang bertanggung jawab untuk mengembangkan, melaksanakan dan memelihara sistem manajemen keselamatan menurut aturan.




  1. Wakil Kepala Cabang

  1. Wakil kepala cabang dipilih, diangkat dan diberhentikan oleh direksi.

  2. Bertanggungjawab langsung kepada kepala cabang.

  3. Tugas wakil kepala cabang adalah membantu kepala cabang dalam mengatur aktivitas segenap komponen organisasi cabang.

  4. Wakil kepala cabang bertanggung jawab secara fungsional sebagai wakil ketua tim petugas yang ditunjuk.

  1. Kepala Bagian Operasi

  1. Kepala bagian operasi dipilih, diangkat, dan diberhentikan oleh direksi.

  2. Bertanggung jawab kepada kepala cabang.

  3. Kepala bagian operasi melaksanakan kepentingan perusahaan dengan meningkatkan efektivitas, produktivitas, profitabilitas, dan menjaga efisiensi asset dan aparat perusahaan.

  4. Melaksanakan tugas dan tanggungjawab operasional lapangan baik pengaturan armada, jadwal, kelaikan operasi, pengaturan aparat berikut jadwal kerja untuk kemudian dilaporkan langsung kepada kepala cabang.

  5. Menjaga keselamatan dan keamanan di seluruh sektor operasional.

  6. Mengkoordinasikan dengan bagian lain untuk tugas kolektif, seperti menyelesaikan urusan operasional dengan pihak terkait.

  7. Kepala bagian operasi bertanggung jawab untuk menerapkan unsur keselamatan di dalam kegiatan operasional kapal sehari-hari.




  1. Wakil Kepala Bagian Operasi

Tugas wakil kepala bagian adalah membantu kepala bagian operasi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab operasional lapangan baik pengaturan armada, jadwal, kelaikan operasi, pengaturan aparat berikut jadwal kerja.


  1. Kepala Bagian Logistik

  1. Kepala bagian logistik bertanggungjawab kepada kepala cabang.

  2. Tugas dan tanggungjawab kepala bagian logistik adalah meliputi pengadaan spare parts kapal, perlengkapan emergency dan keselamatan untuk ABK dan penumpang, melakukan pembelian, penyimpangan dan pengecekan di lapangan.

  3. Mendukung penerapan ism code di dalam menyediakan suku cadang / spare parts kapal dalam hubungannya dengan sistem perawatan kapal.

  1. Staf Tehnik

  1. Bertanggung jawab terhadap masalah keteknikan kapal.

  2. Membantu secara umum kepada kepala bagian logistik di bidang teknik.




  1. Proses Bisnis yang Berjalan

  1. Narasi

Proses bisnis yang berjalan pada PT. Pelayaran Sindutama Bahari dimulai ketika pelanggan membuka website Lomdev & Beyond. Dimana Pelanggan harus memesan paket tour yang sudah ada pada web Lomdev & Beyond tersebut. Kemudian pelanggan membuka reservation dan mengisi form tersebut. Setelah diisi, pelanggan mengklik submit. Setelah itu akan ada massege box : “Reservation form thank you very much for your Reservation request. We will get back to you as soon as possible”. Pelanggan menunggu balasan yang akan dikirim melalui email.

Kemudian bagian marketing Lomdev akan memberikan data-data pelanggan tersebut ke bagian web PT. Pelayaran Sindutama Bahari. Setelah data diterima oleh PT. Pelayaran Sindutama Bahari. Lalu PT. Pelayaran Sindutama Bahari mengkonfirmasikan data pelanggan tersebut ke Lomdev bahwa reservasi pelanggan telah disetujui. Setelah menerima persetujuan dari PT. Pelayaran Sindutama Bahari, bagian web Lomdev mengirimkan email ke pelanggan bahwa reservasi sudah di terima dan memberitahukan cara untuk melakukan pembayaran.

Pelanggan setelah menerima email, kemudian melakukan pembayaran melalui transfer. Lalu bukti transfer pelanggannya dikirim melalui fax. Bagian keuangan Lomdev setelah menerima fax yang dikirimkan oleh pelanggan, memberikan informasi tanggal keberangkatan pelanggan kepada PT. Pelayaran Sindutama Bahari.



  1. Event Table

Event

Internal Agent assuming responsibility

Start when

Activities in the event

  1. Melayani pemesanan paket tour pada website

Bagian Marketing Lomdev

Ketika pelanggan mengisi reservation form di web Lomdev & Beyond

Menerima data-data pelanggan.

Mengirim data ke bagian web PT. Pelayaran Sindutama Bahari.



  1. Menerima konfirmasi data pelanggan

Bagian Web PT. Pelayaran Sindutama Bahari

Ketika data reservasi pelanggan yang telah dikirim oleh Lomdev

Melakukan konfirmasi kepada bagian web Lomdev.

  1. Mengkonfirmasi reservasi

Bagian Web Lomdev

Ketika menerima konfirmasi dari PT. Pelayaran Sindutama Bahari

Membalas email pelanggan dan memberitahukan cara pembayaran.

  1. Menerima pembayaran

Bagian Keuangan

Ketika pelanggan mengirim bukti pembayaran melalui fax

Menerima bukti pembayaran pelanggan.

Memberikan informasi keberangkatan pelanggan kepada PT. Pelayaran Sindutama Bahari.



Tabel 3.1 : Event tabel PT. Pelayaran Sindutama Bahari

  1. Overview Activity Diagram

Gambar 3.3 : Overview Activity Diagram PT. Pelayaran Sindutama Bahari

  1. Laporan Laba Rugi Pada PT. Pelayaran Sindutama Bahari

No

Uraian

Tahun 2008

Tahun 2009

Tahun 2010

Tahun 2011

Tahun 2012

1

Pendapatan

 

Penumpang

Rp 2.399.400.000

Rp 3.066.524.000

Rp 3.220.384.000

Rp 3.381.152,000

Rp 3.550.084.000

 

Kendaraan

Rp 18.561.552.000

Rp 23.720.125.000

Rp 24.906.204.000

Rp 26.151.628.000

Rp 27.459.313.000

 

Pendapatan Usaha

Rp 20.960.952.000

Rp 26.786.649.000

Rp 28.126.588.000

Rp 29.532.780.000

Rp 31.009.397.000

 

 

2

HPP

 

Beban Jasa Pelabuhan

Rp 2.099.645.000

Rp 2.683.293,000

Rp 2.817.849.,000

Rp 2.958.332.000

Rp 3.106.314.000

 

Beban Jasa Asuransi

Rp 649.087.000

Rp 829.186,000

Rp 871.312.000

Rp 915.260.000

Rp 960.915.000

 

Beban Solar, Minyak pelumas dan Air

Rp 2.123.026.000

Rp 2.802.397.000

Rp 3.026.589.000

Rp 3.268.716.000

Rp 3.530.213.000

 

Beban Perijinan dan Peralatan Kapal

Rp 319.500,000

Rp 410.025,000

Rp 430.554.000

Rp 452.087.000

Rp 474.735,000

 

Beban Pemeliharaan, Docking dan lain

Rp 147.868.000

Rp 999.665.000

Rp 1.049.676.000

Rp 1.102.204.000

Rp 1.157.364.000

 

Beban Awak Kapal

Rp 1.440.000.000

Rp 2.288.000.000

Rp 2.516.800.000

Rp 2.768.480.000

Rp 3.045.328.000

 

Beban Operasional Kapal

Rp 1.764.725.000

Rp 2.253.541.000

Rp 2.456.213.000

Rp 2.675.210.000

Rp 2.914.770.000

 

Beban Lain-lain

Rp 45.000.000

Rp 63.000.000

Rp 66.150.000

Rp 69.458.000

Rp 72.930.000

 

Biaya Penyusutan

Rp 1.449.750.000

Rp 1.933.000.000

Rp 1.933.000.000

Rp 1.933.000.000

Rp 1.933.000.000

 

Total HPP

Rp 10.038.601.000

Rp 14.262.107.000

Rp 15.168.143.000

Rp 16.142.747.000

Rp 17.195.569.000

 

Jumlah Pendapatan

Rp 10.922.351.000

Rp 12.524.542.000

Rp 12.958.445.000

Rp 13.390.033.000

Rp 13.813.828.000

 

 

3

Biaya Operasional

 

Beban dari Kantor Pusat

Rp 702.125.000

Rp 1.113.581.000

Rp 1.224.939.000

Rp 1.347.433.000

Rp 1.482.174.000

 

Gaji Karyawan

Rp 1.575.000.000

Rp 1.732.500,000

Rp 1.905.750,000

Rp 2.096.340.000

Rp 2.305.980.000

 

Beban Makan / Minum

Rp 162.000.000

Rp 170.100.000

Rp 178.610.000

Rp 187.540.000

Rp 196.920.000

 

Seragam

Rp 4.500.000

Rp 4.500.000

Rp 4.730.000

Rp 4.970.000

Rp 5.220.000

 

Sewa Kantor

Rp 225.000.000

Rp 236.250.000

Rp 248.060.000

Rp 260.460.000

Rp 273.480.000

 

Telpon, Listrik dan Telekomunikasi

Rp 36.000.000

Rp 36.000.000

Rp 37.800.000

Rp 39.690.000

Rp 41.670.000

 

Beban Umum dan Administrasi

Rp 13.500.000

Rp 14.180.000

Rp 14.890.000

Rp 15.630.000

Rp 16,410.000

 

Lain-Lain

Rp 96.600.000

Rp 101.430.000

Rp 111.934.000

Rp 120.707.000

Rp 130.236.000

 

Biaya Amortisasi

Rp 657.745.000

Rp 876.994.000

Rp 876.994.000

Rp 876.994.000

Rp 876.994.000

 

Jumlah Biaya Operasional

Rp 3.472.470.000

Rp 4.285.535.000

Rp 4.603.707.000

Rp 4.949.764.000

Rp 5.329.084.000

 

Laba Operasional

Rp 7.449.881.000

Rp 8.239.007.000

Rp 8.354.738.000

Rp 8.440.269.000

Rp 8.484.744.000

 

 

4

Biaya Lain-Lain

 

Bunga Pinjaman

Rp (1.724.973.000)

Rp (1.822.455.000)

Rp (1.278.332.000)

Rp (684.953.000)

Rp (821.943.600)

 

 

 

Laba Sebelum Pajak

Rp 5.724.908.000

Rp 6.416.552,000

Rp 7.076.406.000

Rp 7.755.316.000

Rp 7.662.800.400

 

Pajak Penghasilan

Rp 2.862.454.000

Rp 3.208.276.000

Rp 3.538.203.000

Rp 3.877.658.000

Rp 3.831.400.200

 

Laba (Rugi) Setelah Pajak

Rp 2.862.454.000

Rp 3.208.276.000

Rp 3.538.203.000

Rp 3.877.658.000

Rp 3.831.400.200

Tabel 3.2 Laporan Laba Rugi PT.Pelayaran Sindutama Bahari

Sumber: PT.Pelayaran Sindutama Bahari







  1. Biaya Investasi Awal Web yang Lama

Berikut ini adalah investasi awal web yang lama pada PT. Pelayaran Sindutama Bahari di Tahun 2007.

  1. Total Biaya Investasi Awal Web yang Lama

No

Keterangan

Jumlah unit

Harga per unit

Total

1

Biaya Hardware

 

 

 

 

Personal Computer pentium i3

12

Rp 5.050.000

Rp 60.600.000

 

PC server Dell Power Edge R720 - E52620

5

Rp 37.759.700

Rp 188.798.500

 

Printer HP Deskjet Ultra Ink Advantage

7

Rp 1.348.200

Rp 9.437.400

 

2520hc All-in-One

 

 

 

 

Scanner Canon L1700

4

Rp 2.919.000

Rp 11.676.000

 

Telepon Panasonic KX-TG2267

5

Rp 925.000

Rp 4.625.000

2

Biaya Software

 

 

 

 

Windows 7 Professional Edition OEM

5

Rp 1.663.000

Rp 8.315.000

 

Microsoft Office 2010

5

Rp 5.000.000

Rp 25.000.000

 

Paket Desain Website outsourcing
www.lombok-devandbeyond.com

Renewal Domain Name Rp 4.631.000

Host Server Rp 5.978.400

Maintenance 1 year Rp 4.390.600



1

Rp 15.000.000

Rp 15.000,000

3

Biaya Networking

 

 

 

 

UTP Cable 100m [DC6CAUTP4P1X]

2

Rp 466.400

Rp 932.800

 

HAVIT Cable HDMI to DVI - 10 Meter

2

Rp 500.687

Rp 1.001.374

4

Biaya Instalasi

 

 

 

 

Biaya pemasangan Internet

1

Rp 2.000.000

Rp 2.000.000

5

Biaya Pelatihan

 

 

 

 

Pelatihan Web

5

Rp 700.000

Rp 3.500.000

6

Biaya Peralatan

 

 

 

 

Meja komputer + kursi

17

Rp 800.000

Rp 13.600.000

Total Biaya investasi Awal untuk Web lama

Rp 344.486.074

Tabel 3.3 Total Biaya Investasi Awal Web yang Lama

Sumber : PT.Pelayaran Sindutama Bahari




  • Rincian Biaya Investasi Awal pada web yang lama:

  1. Biaya Hardware

Berikut ini Investasi Hardware yang dilakukan PT. Pelayaran Sindutama Bahari:

Jenis

Unit

Harga per unit

Total

Personal Computer pentium i3

12

Rp 5.050.000

Rp 60.600.000

PC server Dell Power Edge R720 - E52620

5

Rp 37.759.700

Rp 188.798.500

Printer HP Deskjet Ultra Ink Advantage

7

Rp 1.348.200

Rp 9.437.400

2520hc All-in-One

 

 

 

Scanner Canon L1700

4

Rp 2.919.000

Rp 11.676.000

Telepon Panasonic KX-TG2267

5

Rp 925.000

Rp 4.625,000

Total Biaya Hardware

Rp 275.136.900

Tabel 3.4 Biaya Hardware


  1. Biaya Software

Berikut ini Investasi Software yang dilakukan PT. Pelayaran Sindutama Bahari:

Jenis

Unit

Harga per Unit

Total

Windows 7 Professional Edition OEM

5

Rp 1.663.000

Rp 8.315.000

Microsoft Office 2010

5

Rp 5.000.000

Rp 25.000.000

Paket Desain Website outsourcing
www.lombok-devandbeyond.com

1

Rp 15.000.000

Rp 15.000.000

Total Biaya Software

Rp 48.315.000

Tabel 3. 5 Biaya Software


  1. Biaya Networking

Berikut ini Biaya investasi Networking PT. Pelayaran Sindutama Bahari :

Jenis

Unit

Harga per Unit

Total

UTP Cable 100m [DC6CAUTP4P1X]

2

Rp 466.400

Rp 932,800

HAVIT Cable HDMI to DVI - 10 Meter

2

Rp 500.687

Rp 1.001,374

Total Biaya Networking

Rp 1.934.174

Tabel 3.6 Biaya Networking


  1. Biaya Pelatihan

Berikut ini Biaya investasi Pelatihan PT. Pelayaran Sindutama Bahari :


Keterangan

Jumlah Unit

Harga per-Unit

Total

Pelatihan Web

5

Rp.700.000

Rp 3.500.000

Tabel 3.7 Biaya Pelatihan


  1. Biaya peralatan

Berikut ini Biaya investasi Peralatan PT. Pelayaran Sindutama Bahari :


Keterangan

Jumlah Unit

Harga per-Unit

Total

Meja komputer + kursi

17

Rp.800.000

Rp 13.600.000

Tabel 3.8 Biaya Peralatan


  1. Biaya Instalasi

Berikut ini Biaya investasi Peralatan PT. Pelayaran Sindutama Bahari :


Jenis

Unit

Harga per Unit

Total

Biaya pemasangan Internet

1

Rp 2.000.000

Rp 2,000.000

Tabel 3.9 Biaya Instalasi


  1. Rencana Investasi TI/SI pada Web

Untuk pembangungan web baru, PT. Pelayaran Sindutama Bahari sedang mempertimbangkan investasi pada web mana yang akan di gunakan, apakah masih menggunakan web lama atau membangun web baru. Yang mana rencana investasi TI/SI pada PT. Pelayaran Sindutama Bahari untuk melakukan perbandingan kelayakan investasi TI/SI.


  1. Estimasi Biaya Pengadaan Investasi Awal Web Lama

Berikut ini adalah Estimasi Biaya Pengadaan investasi awal web yang Lama pada PT. Pelayaran Sindutama Bahari 2014 :

No

Keterangan

Jumlah unit

Harga per unit

Total

1

Biaya Hardware

 

 

 

 

Personal Computer pentium i3

12

Rp 5.050.000

Rp 60.600.000

 

PC server Dell Power Edge R720 - E52620

3

Rp 37.759.700

Rp 113.279.100

 

Printer HP

7

Rp 2.750.000

Rp 19.250.000

 

Officejet 7110 A3

 

 

 

 

Scanner Canon L1700

4

Rp 2.919.000

Rp 11.676.000

 

Telepon Panasonic KX-TG2267

5

Rp 925.000

Rp 4.625.000

2

Biaya Software

 

 

 

 

Windows 7 Ultimate Edition OEM

5

Rp 2.277.400

Rp 11.387.000

 

Microsoft Office 2010

5

Rp 5.000.000

Rp 25.000.000

 

Paket Desain Website outsourcing
www.lombok-devandbeyond.com

Renewal Domain Name Rp 4.631.000

Host Server Rp 5.978.400

Maintenance 1 year Rp 4.390.600



1

Rp 15.000.000

Rp 15.000.000

3

Biaya Networking

 

 

 

 

UTP Cable 100m [DC6CAUTP4P1X]

2

Rp 466.400

Rp 932.800

 

HAVIT Cable HDMI to DVI - 10 Meter

2

Rp 500.687

Rp 1.001.374

4

Biaya Instalasi

 

 

 

 

Biaya pemasangan Internet

1

Rp 3.000.000

Rp 3.000.000

5

Biaya Pelatihan

 

 

 

 

Pelatihan Web

5

Rp 700.000

Rp 3.500.000

6

Biaya Peralatan

 

 

 

 

Meja komputer + kursi

17

Rp 800.000

Rp 13.600.000

 

 

 

 

 

Total Estimasi Biaya investasi Awal untuk Web lama

Rp 278.226.274

Tabel 3.10 Total Estimasi Biaya investasi Awal untuk Web lama



  1. Estimasi Biaya Investasi Awal Web yang Baru

Berikut ini adalah Estimasi Biaya investasi awal web yang baru pada PT. Pelayaran Sindutama Bahari 2014 :

No

Keterangan

Jumlah unit

Harga per unit

Total

1

Biaya Hardware

 

 

 

 

Personal Computer pentium i3

12

Rp 5.050.000

Rp 60.600.000

 

PC server Dell Power Edge R720 - E52620

3

Rp 37.759.700

Rp 113.279.100

 

Printer HP

7

Rp 2.750.000

Rp 19.250.000

 

Officejet 7110 A3

 

 

 

 

Scanner Canon L1700

4

Rp 2.919.000

Rp 11.676,000

 

Telepon Panasonic KX-TG2267

5

Rp 925.000

Rp 4.625,000

2

Biaya Software

 

 

 

 

Windows 7 Ultimate Edition FPP

5

Rp 2.655.000

Rp 13.275.000

 

Microsoft Office 2010

5

Rp 5.000.000

Rp 25.000.000

 

Paket Desain Website outsourcing
www.sindutamabahari.com

Domain Name Rp 769.000

Hosting client & server Rp 1.031.0000

Database MySQL Rp 23.200.000



1

Rp 25.000.000

Rp 25.000.000

3

Biaya Networking

 

 

 

 

UTP Cable 100m [DC6CAUTP4P1X]

2

Rp 466.400

Rp 932.800

 

HAVIT Cable HDMI to DVI - 10 Meter

2

Rp 500.687

Rp 1.001.374

4

Biaya Instalasi

 

 

 

 

Biaya pemasangan Internet

1

Rp 3.000.000

Rp 3.000.000

5

Biaya Pelatihan

 

 

 

 

Pelatihan Web

5

Rp 700.000

Rp 3.500.000

6

Biaya Peralatan

 

 

 

 

Meja komputer + kursi

17

Rp 800.000

Rp 13.600.000

Total Estimasi Biaya investasi Awal untuk Web baru

Rp 290.114.274

Tabel 3.11 Total Estimasi Biaya Investasi Awal Web yang Baru


  • Rincian spesifikasi Personal Computer untuk karyawan:

- PROCESSOR CORE I3 3210
-MOTHERBOARD BIOSTAR H61MLV2
-MEMORY DDR3 2GB PC 10600


Dostları ilə paylaş:
  1   2   3
Orklarla döyüş:

Google Play'də əldə edin


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə