Usaha di Dunia Maya bagi Usaha Kecil & Rumah Tangga



Yüklə 23,76 Kb.
tarix17.01.2019
ölçüsü23,76 Kb.
#99559

Usaha di Dunia Maya bagi Usaha Kecil & Rumah Tangga

Onno W. Purbo


Data di DEPKOP (http://www.depkop.go.id) menunjukan adanya 38 juta usaha di Indonesia yang 98%-an di dominasi oleh usaha kecil menengah yang mempekerjakan 58 juta pekerja. Dalam dunia Industri ternyata di dominasi oleh industri kecil & rumah tangga sekitar 2,7 juta industri (dengan 6 juta-an pekerja), sedang industri besar & menengah hanya berjumlah 23.000 buah (dengan 4 juta pekerja). Memang industri rumah & kecil ini hanya memutarkan 10% dari total uang yang berputar tapi menghidupi ebagian besar rakyat kecil yang ada di Indonesia seperti ditunjukan oleh laporan KOMPAS-BPS bulan Agustus 2000. Jelas bahwa pemberdayaan usaha & industri kecil dan rumah tangga akan menjadi kunci bagi kelangsungan hidup sebagian besar rakyat Indonesia.
Pertanyaan selanjutnya adalah – mungkinkah teknologi informasi yang tampaknya demikian kompleks dapat digunakan untuk memberdayakan usaha kecil? Perlukah mempunyai komputer untuk berpartisipasi di usaha melalui Internet? Perlukah penguasaan teknologi informasi yang canggih untuk usaha di Internet? Berapa biaya operasional bulanan yang harus dikeluarkan? Adakah cara yang sederhana untuk menarik pembeli / mitra melalui Internet? Perlukah kita menguasai bahasa Inggris dengan baik? – demikian sekelumit pertanyaan yang akan menghantui orang yang ingin terjun ke usaha di Internet tersebut.

Kepercayaan (trust)

Dalam dunia usaha manapun, setiap orang akan berusaha untuk menjaga kelanggengan hubungan dengan mitra & pelanggan. Hubungan baik ini hanya mungkin terjadi jika ada kepercayaan / trust / niat baik dari semua pihak yang terkait dalam transaksi usaha / dagang yang berlangsung. Dalam bahasa sederhananya, kerjaan biasanya datang dari teman – merupakan sebuah ungkapan sederhana & benar adanya, walaupun jika dilakukan terlalu over dosis akan terasa nuansa KKN di dalamnya.


Seni lanjutan yang perlu di kuasai adalah seni untuk meningkatkan / menjaga kepercayaan / trust / niat baik tersebut. Teknik tradisional yang sering digunakan untuk meningkatkan kepercayaan / trust / niat baik biasanya sangat sederhana, yaitu, silaturahmi, berdiskusi, ngobrol, berdialog, berinteraksi, tatap muka dll. Proses ini secara alamiah akan memungkinkan terjadinya pengertian yang mendalam akan berbagai hal antara pihak yang melakukan diskusi / dialog / silaturahmi tersebut.
Kadang kala proses perkenalan memegang kunci yang sangat strategis, berbagai hal dilakukan untuk memberikan gambaran tingkat bonafiditas seseorang, mulai dari menggunakan kendaraan bermerek, kantor yang megah, mewah dll. Pada tingkat tradisional, impresi tersebut di bangun menggunakan minimal KTP, ijazah, surat lamaran, resume. Bagi perusahaan besar kadang kala perlu mengeluarkan prospektus, company profile, hasil audit dari akuntan publik dll. Kadang kala sogok meyogok pun dihalalkan pada saat perkenalan agar di loloskan dalam perolehan proyek.
Cara konvensional di atas sebetulnya menjadi jantung dalam dunia usaha manapun termasuk usaha melalui Intrenet. Jadi kepercayaan / trust kunci usaha di Internet. Pada teknologi Internet tingkat lanjut, kita mengenal adanya Certificate Authority (CA), Registration Authority (RA), Publik Key Infrastructure (PKI) untuk memperkenalkan, mengauthentikasi, mengidentifikasi seseorang / sebuah perusahaan yang prosesnya didukung berbagai teknologi keamanan jaringan seperti Socket Secure Layer (SSL) dll. Effisiensi transaksi yang kemudian dikenal sebagai e-commerce dilakukan menggunakan Electronic Data Interchange (EDI), eXtensible Markup Languge (XML) dll. Bagi pembaca yang tertarik untuk melihat-lihat teknologi e-commerce yang lebih lengkap dapat melihatnya antara lain di http://ecommerce.internet.com, http://www.bogor.net/idkf/ jangan lupa mencari berbagai whitepaper di Internet. Apakah perlu bagi usaha kecil & rumah tangga yang ingin berusaha di Internet untuk menggunakan semua teknologi yang rumit ini? Jawab singkatnya – tidak perlu! Ada banyak cara yang sederhana yang memungkinkan seseorang / pengusaha kecil untuk berkiprah & memperlebar kemitraannya dengan sarana komunikasi & interaksi Internet.

Modal dasar usaha kecil untuk masuk ke dunia maya

Berapa modal? Berapa investasi? Spesifikasi Komputer yang perlu disiapkan? Jawab singkatnya – cukup dengan bermodal beberapa puluh ribu rupiah saja, usaha di Internet dapat dilakukan. Tentunya akan sangat ideal jika anda memiliki komputer sendiri di rumah, atau meminjam ke tetangga; akan tetapi tanpa itupun anda dapat berkarya di Internet. Beberapa teman saya bahkan hanya menggunakan komputer kelas 486 (kadang kala bekas) untuk melakukan usaha di Internet ini & berhasil dengan lumayan.


Terus terang, modal utama yang akan sangat mendominasi keberhasilan seseorang atau sekelompok orang untuk dapat survive di Internet bukan dari peralatan atau uang yang dimilikinya – akan tetapi niat, kegigihan, konsistensi & kemauan keras untuk membaca dan belajar terus menerus. Tidak berbeda dengan kiat usaha di dunia nyata.
Bagaimana mungkin dengan modal hanya beberapa ribu rupiah seseorang dapat berkiprah di Internet? WARNET menjadi jawaban dari ini semua. Pada saat ini akses melalui WARNET sudah sedemikian murah hanya dengan Rp. 3000-5000 / jam seseorang dapat mengakses Internet tanpa perlu memiliki komputer & telepon sendiri. Bahkan si penjaga WARNET sering kali dengan senang hati mengajari pelanggannya untuk menggunakan Internet. Bila kita membutuhkan informasi, sering kali bisa juga para penjaga WARNET ini membantu mencari informasi yang dibutuhkan tersebut. Pangkalan tetap para WARNET-ers ini berada di asosiasi-warnet@yahoogroups.com. Jika teknologi WARNET di terapkan di sekolah-sekolah, sebetulnya akses Internet dapat di tekan menjadi sekitar Rp. 5000-8000 / bulan / siswa; sehingga amat sangat murah bagi para siswa untuk mencari ilmu & belajar mandiri.


Biaya Ber-silaturahmi di Internet

Silaturahmi, dialog, diskusi adalah cara tradisional bahkan mungkin cara paling kuno untuk membangun kepercayaan / trust. Berbeda dengan dunia nyata dimana kita berada pada saat ini, proses silaturahmi, diskusi & dialog membutuhkan biaya yang mahal & amat sangat tidak effisien. Tidak percaya? Pernahkan kita mendengar adanya dialog nasional? Rekonsiliasi politik? Kompromi politik? Dengar pendapat? Soan dsb. yang memakan banyak uang untuk transportasi, untuk konsumsi para pengantar, ajudan dsb, belum waktu yang harus kita keluarkan.


Memang pada hari ini ada jasa Pos yang mungkin hanya beberapa ribu rupiah saja untuk mengirimkan surat & informasi penting dari satu tempat ke tempat lain. Memang pada hari jasa telepon yang pulsa lokal-nya sekitar Rp. 70-80 / menit & akan naik sebanyak 40-50% dalam waktu dekat.
Jadi apakah keuntungan yang bisa diperoleh dari Internet? Terus terang, biaya Internet saya per bulan adalah Rp. 40-60.000 / bulan dan biaya telepon saya sekitar Rp. 250.000 / bulan. Proses dialog yang dilakukan menghasilkan sekitar 600 surat (e-mail) / hari atau sekitar 18.000 surat / bulan yang dikirim ke ribuan orang ke seluruh dunia. Artinya biaya yang perlu dikeluarkan untuk bersilaturahmi dengan ribuan orang hanya sekitar Rp. 15 / surat. Gilanya, dengan biaya demikian murah surat yang dikirim hanya membutuhkan waktu beberapa menit kadang detik untuk mencapai tujuan sehingga jauh lebih cepat daripada jasa Pos yang membutuhkan waktu beberapa hari kadang beberapa minggu keluar negeri.

Lokasi diskusi di Internet bagi dunia usaha

Tempat diskusi di Internet pada hari ini jumlahnya amat sangat banyak sekali (mungkin puluhan ribu buah). Bagi para pemain yang sering ngobrol di Internet akan terasa sekali manfaat dari disksui ini yang selain meningkatkan kepercayaan antar orang & juga pada akhirnya menimbulkan berbagai transaksi yang menguntungkan bagi semua pihak yang berinteraksi.


Yahoogroups.com (http://www.yahoogroups.com) merupakan salah satu tempat terbesar di Internet tempat pangkalan diskusi berbagai topik mulai dari politik, pendidikan jarak jauh, asosiasi warnet, bisnis, finansial, ketuhanan, rekreasi, sport, seni, kerajinan amat sangat banyak sekali & setiap orang yang memiliki e-mail di yahoo.com (http://mail.yahoo.com) dapat membuat sendiri tempat diskusi-nya yang dapat terbuka ke semua orang di seluruh dunia untuk berpartisipasi. Perlu dicatat bahwa semua ini dilakukan secara gratis tidak perlu membayar apa-apa.
Teknik yang perlu dikuasai untuk berpartisipasi dalam berdiskusi ini hanya kemampuan membaca & menulis e-mail saja. Yang terus terang, amat sangat sederhana & bahkan dapat dilakukan orang para senior kita yang usia-nya diatas 65 tahun.
Untuk berpartisipasi / join sebuah mailing list cukup mengirimkan mail kosong ke nama-mailinglist-subscribe@yahoogroups.com jika kita sudah tahu nama-mailinglist-nya. Jika kita belum tahu nama mailing list yang kita minati, maka kita dapat dengan mudah mencarinya di http://www.yahoogroups.com. Beberapa contoh nama mailing list akan ditampilkan dibawah ini. Jika ternyata tidak ada, maka kita dapat membuat sendiri sebuah mailing list yang kita inginkan.
Adakah mailing list yang cocok untuk usaha kecil & rumah tangga di Indonesia? Jawab singkatnya – amat sangat banyak. Contoh sederhana, kita semua tahu bahwa banyak sekali ibu-ibu di Tasikmalaya, di Padang yang berkarya di rumahnya melakukan usaha bordir yang hasilnya sebagian di jual secara lokal, sebagian lagi di jual ke manca negara melalui pusat pariwisata di Bali misalnya. Tentunya akan sangat menguntungkan sekali jika wawasan & kemitraan para ibu ini dapat diberdayakan agar usaha rumah tangganya menjadi maju. Di yahoogroups.com ternyata tempat belajar, berteman, bermitra tentang bordir, menjahit dll amat sangat banyak dan banyak diminati orang baik beberapa tempat diskusi bahkan mempunyai anggota ribuan jumlahnya. Beberapa nama tempat diskusi mailing list tersebut antara lain TheBBD@yahoogroups.com, Elsasdesigns@yahoogroups.com, CravysEmbroideryShop@yahoogroups.com.
Selain teknik bordir, masih banyak yang lain yang berkaitan dengan ibu-ibu misalnya menjahit di sewing_about, sew-whats-new, Wadeslist, Lookin4designs, digitizewithus, newdesigns dsb. Bagi penggemar membuat Quilt juga ada tempat diskusi seperti quilting_about, scquilters, QuiltersMarket dsb. KitchenCraftnMore, freekidscraft, craftzone, makingfriends yang akan sengat menarik bagi para ibu muda dan putra-putri-nya dan tentunya masih banyak lagi semuanya di yahoogroups.com.
Tentunya bagi para pengrajin di Bali, Jogya, Jepara dsb juga terdapat banyak tempat diskusi yang mungkin akan membawa inspirasi dalam bekerjanya, misalnya, blacksmiths, Artist_blacksmith bagi pengrajin metal; furniture, woodworking, woodplace bagi penggemar & pengrajin kayu / furnitur; jewelrymaking_about, jewelryarts, Wire_Wrap_Jewelry, jewelrytrends bagi para penggemar, pengrajin perhiasan – semua-nya dapat di ikuti melalui e-mail di yahoogroups.com. Tentunya mengerti sedikit membaca bahasa Inggris akan sangat membantu.

Pola usaha melalui silaturahmi di Internet

Untuk dapat berusaha di Internet melalui berbagai mailing list di atas yang perlu dilakukan sebetulnya tidak banyak. Setelah subscribe (berlangganan) ke mailing list yang kita tuju, maka mailbox akan terisi mail diskusi dari mailinglist yang di langgan. Dengan membaca & mempelajari berbagai diskusi yang masuk maka secara naluriah kita akan mengenal medan yang ada di hadapan kita, siapa saja player utama dalam forum tersebut, bagaimana mekanisme usaha yang dilakukan dll. Proses pengenalan medan biasanya membutuhkan waktu agak lama, mungkin sekitar 6-12 bulan, jika kita termasuk peserta pasif.


Jika kita masih kurang PD (Percaya Diri), ada baiknya diskusi dilakukan secara perlahan dengan cara mengirimkan pertanyaan / komentar secara pribadi ke peserta diskusi yang lain. Dengan semakin meningkatnya PD anda dalam lingkungan yang baru ini, maka anda bisa saja mengirimkan mail langsung ke tempat diskusi / mailing list. Semakin banyak anda meresponds kepada rekan-rekan yang lain akan semakin baik untuk memperlihatkan eksistensi kita di forum diskusi dunia maya ini. Tentunya jangan sekali-sekali berbicara / meresponds sembarangan karena akan mengurangi kredibilitas kita sendiri.
Jika kepercayaan / trust telah terbentuk dan semua orang tahu kelebihan yang anda miliki, biasanya berbagai permohonan usaha & jasa akan Insya Allah datang secara perlahan kepada anda. Yang menarik, proses ini membutuhkan biaya yang sangat murah hanya beberapa puluh ribu rupiah per bulan jika dilakukan melalui WARNET; atau sekitar Rp. 40-60.000 / bulan jika dilakukan dari rumah dengan komputer sendiri. Strategi naif ini akan sangat cocok bagi usaha kecil & rumah tangga yang bermodal pas-pasan. Tentunya kemampuan membaca bahasa Inggris akan banyak membantu.

Yüklə 23,76 Kb.

Dostları ilə paylaş:




Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2022
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə