1. Berpikir Kreatif



Yüklə 60.89 Kb.
tarix06.03.2018
ölçüsü60.89 Kb.

1. Berpikir Kreatif

           Dan bagaimana hubungannya dengan berpikir kreatif?Cara berpikir kreatif adalah cara berpikir yang dipenuhi dengan ide atau gagasan dalam mengembangkan daya imajinasi. Berpikir kreatif adalah kemampan mendayagunakan  potensi yang dimiliki yang muncul dari berbagai keadaan.


             Menurut psikolog Robert W. Olson, hambatan-hambatan seseorang  untuk menjadi kreatif antara lain:

  1. Kebiasaan: kebiasaan dalam melaksanakan pekerjaan yang sama dengan cara yang sama

  2. Waktu: kesibukan sering dijadikan alasan untuk tidak kreatif, padahal setiap orang, baik yang kreatif sekalipun mempunyai waktu yang sama 1    hari     24 jam

  3. Dibanjiri masalah: Hidup tidak terlepas dari yang namanya masalah, Tetapi jika kita mempu menentukan skala prioritas, maka kita dapat memandang semua masalah sebagai tantangan kreatif.

  4. Tidak ada masalah: Kita adalah makhluk pemecah masalah yang terus-menerus menghadapi dan memecahkan   sejumlah masalah. Jika masalah kita dipecahkan secara otomatis atau menurut kebiasaan,kita tidak akan pernah mempunyai masalah.

  5. takut gagal: kegagalan manusia dalam berusaha dapat berbentuk

pengasingan, kritik, kehilangan waktu, kehilangan pendapatan, kecelakaan. Akan tetapi, lebih baik gagal dari pada tidak pernah mencoba.

  1. Kebutuhan akan sebuah jawaban sekarang: Manusia tidak mau mengalami 

kesulitan karena tidak memiliki  jawaban langsung. Jadi ketika  masalah dikemukakan, kita secara langsung memberikan pemecahan.

  1. Kurang memperluas wawasan: Setiap orang harus terus belajar

mengembangkan  diri, memperluas wawasan dengan membaca dan praktik.

  1. takut bersenang-senang: Manusia sering tidak sadar bahwa rileks, bergembira, dan santai merupakan aspek-aspek penting dari proses pemecahan masalah secara kreatif, sedangkan situasi tegang dan stres akan
     \mengumpulkan kreativitas seseorang.

  2. Dibutuhkan ide-ide dan gagasan yang fleksibel: Setiap gagasan dan ide baru

dan segar akan selalu merangsang  kreativitas seseorang, akan tetapi  ide pemecahan masalah di suatu tempat belum tentu tepat diberlakukan
ditempat lain.
           .
2. Berpikir Kritis

picture

Berpikir seperti ini adalah berpikir secara cepat dan tepat dalam mengamati sesuatu. Cara berpikir seperti ini bisa berupa pandangan atau gagasan yang menolak segala sesuatu yang terjadi karena dirasa tidak sesuai dengan hati nurani atau jalan pikiran yang benar. Kritis merupakan tanda kemampuan berpikir maju dan berkembang.Berpikir kritis merupakan upaya pendalaman kesadaran serta kecerdasan membandingkan dari beberapa masalah yang sedang dan akan terjadi sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan dan gagasan yang dapat memecahkan masalah tersebut, setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda.akan tatapi apabila setiap orang mampu berpikir secara kritis,masalah yang mereka hadapi tentu akan semakin sederhana dan mudah dicari solusinya.Oleh karena itu manusia diberikan akal dan pikiran untuk senantiasa berpikir bagaimana menjadikan hidupnya lebih baik dan mampu menjalani suatu masalah sepelik apapun yang di berikan kepadanya


CIRI – CIRI BERPIKIR KRITIS\


1.Menanggapi atau memberikan komentar terhadap sesuatu dengan penuh  pertimbangan

2.Bersedia memperbaiki kesalahan atau kekeliruan.

3.Dapat menelaah dan menganalisa sesuatu yang datang kepadanya secara sistematis.

4.Berani menyampaikan kebenaran meskipun berat diaksanakan

5.Bersikap cermat,jujur & ikhlas karena ALLAH baik dalam mengerjakan pekerjaan yang \

bertalian dengan agama  maupun dengan urusan duniawi.

Berpikir Kreatif: Menghilangkan Batasan Yang Membelenggu


Berpikir di luar kotak adalah salah satu cara kita untuk berpikir kreatif. Sering kali, saat kita mentok mendapatkan ide kreatif karena kita belum berpikir di luar kotak. Banyak yang mengatakan, untuk mendapatkan ide cemerlang atau gagasan terobosan, kita harus berpikir di luar kotak. Apa itu berpikir di luar kotak?

Jika kita ingin memahami apa itu yang disebut dengan “berpikir di luar kotak“, langkah pertama ialah kita harus mengerti, apa yang dimaksud dengan “kotak”. Kotak adalah suatu batasan tiga dimensi. Kiri, kanan, atas, bawah, depan, dan belang dibatasi oleh suatu batas yang tidak bisa kita tembus. Berpikir di dalam kotak berarti kita kita berpikir dalam batasan-batasan tertentu. Kabar baiknya, batasan tersebut adalah Anda yang membuatnya (meski pun tidak secara sadar). Karena Anda yang membuat batasan tersebut, maka Anda pun bisa menghilangkan batasan tersebut. Sekali Anda mampu menghilangkan batasan tersebut, maka Anda sudah disebut berpikir di luar kotak, atau Anda sudah berpikir kreatif.

Batasan tersebut ialah asumsi yang Anda buat sendiri. Anda harus menghilangkan asumsi-asumsi terlebih dahulu jika Anda ingin lebih lepas dalam bepikir kreatif. Batasan tersebut juga bisa disebut dengan penilaian. Seringkali kita membatasi pikiran kita dengan ide atau gagasan yang baik atau buruk. Anda harus menghilangkan terlebih dahulu penilaian terhadap ide atau gagasan yang Anda buat. Jika Anda menyumbat aliran berpikir Anda dengan penilaian, maka bukan hanya gagasan jelek yang akan terhambat, tetapi juga gagasan baik akan ikut terhambat. Jadi salah satu teknik berpikir kreatif adalah menghilangkan penilaian terlebih dahulu.

Kreativitas: Menghindari PHK


Sebuah perusahaan terselamatkan oleh kreativitas, sebuah ide kecil. Ini adalah kisah nyata, Anda atau perusahaan Anda bisa menerapkannya juga. Perusahaan Edelston menjual satu setengah juta buku berjilid setiap tahunnya. Biaya pengiriman semakin lama semakin mahal.

Perusahaan sudah mencoba mengganti jilid dengan kertas yang lebih ringan, tetapi mengorbankan kualitas. Akhirnya ada sebuah ide yang bisa menyelamatkan perusahaan ini dari kebangkrutan.

Idenya sangat sederhana dan tidak menurunkan kualitas buku yang berarti. Caranya dengan memotong satu per empat puluh cm. Pemotongan yang kecil dan buku seolah tidak berubah. Namun dampaknya luar biasa. Biaya pengiriman berkurang sangat signifikan sehingga perusahaan ini terus bertahan. Ide yang sederhana namun bisa menyelamatkan banyak orang. Inilah mengapa kreativitas begitu penting dalam bisnis.

Saat saya bekerja sebagai Product Engineer di sebuah perusahaan multi nasional, saya sempat membuat perubahan kecil pada desain produk yaitu dengan cara mengurangi dimensi suatu komponen produk sehingga beratnya berkurang beberapa gram. Ternyata bisa menghemat uang yang cukup menggaji dua orang engineer setiap bulannya. Sampai sekarang saya yakin, perusahaan tersebut masih menikmati penghematan tersebut. Kreativitas bisa menghemat biaya produksi.

Kreativitas bisa menghindari PHK jika bisa memanfaatkannya dengan baik. Jika Anda seorang leader atau pemilik perusahaan, langkah pertama ialah mulai membudayakan berpikir kreatif di linkungan perusahaan. Caranya sederhana, yaitu dengan mendorong setiap karyawan untuk menghasilkan ide kemudian berikan penghargaan dari setiap ide yang masuk. Jangan pernah mengkritik bahkan mencela suatu ide, sejelek apa pun ide tersebut. Akan lebih baik, jika karyawan Anda mendapatkan pelatihan kreativitas agar lebih mudah menghasilkan ide.

Siiapapun anda, mulailah menjadikan diri Anda sebagai orang yang sangat dibutuhkan. Jangan jadikan diri Anda sebagai beban pengeluaran, tetapi justru menjadikan diri Anda penyelamat dengan ide-ide inovatif Anda. Usulkan ide-ide hebat Anda, ditolak atau tidak, sebagai bukti bahwa Anda peduli dengan keberlangsungan tempat dimana Anda bekerja.


Berpikir Kreatif Bukan Berarti Tanpa Batas Sama Sekali


Bukan berarti semua ide itu baik. Bisa saja ide tersebut tidak baik, terutama menurut penilaian agama. Namun penilaian ini bisa Anda lakukan setelah proses berpikir kreatif dan sebelum implementasi. Bukan saat Anda berpikir kreatif. Ini juga sebagai bantahan kepada yang mengatakan bahwa agama menghambat kreativitas, tidak sama sekali, agama mencegah kita dalam mengimplemenasikan ide yang dilarang oleh agama. Agama, sama sekali tidak membatasi Anda dalam berpikir kreatif.

Biarkan kreativitas terjadi secara otomatis, tidak usah Anda atur dalam mengeluarkan ide. Jika pola pikir Anda sudah positif, secara otomatis anda akan mengeluarkan ide-ide positif juga. Jadi kita tidak perlu khawatir akan keluar ide-ide yang tidak baik. Bisa jadi, saat kita mengeluarkan ide yang kurang baik, kita hanya perlu memolesnya lagi agar menjadi ide yang baik. Namun proses pemolesan ini juga dilakukan setelah proses kreativitas.

Jadi hilangkan batasan-batasan yang membelenggu Anda. Kalau pun ada batasan yang ingin Anda pegang, hanyalah batasan agama. Dengan demikian Anda akan mampu berpikir di luar kotak. Anda akan menjadi orang yang berpikir kreatif atau Anda akan menjadi orang kreatif. Memang perlu kreativitas dalam hidup ini?

Tugas 1 : Sebagai latihan, silahkan jawab pertanyaan berikut pada Ruang komentar,

Benda apa yang bisa disimpan di ruang tamu, di kamar tidur, di ruang makan, di dapur, di runag kerja, di kamar mandi, di dalam lemari, di dalam kulkas, dan di kolong ranjang?

Ruang Komentar


http://www.motivasi-islami.com/wp-content/uploads/2008/08/kreativitas1.jpg

Bisakah Saya Kreatif?


Kreatif, barang kali menjadi keinginan semua orang untuk kreatif tetapi apakah setiap manusia mempunyai kreatif dalam menemukan sesuatu yang baru karena pada kenyataanya sangat sedikit sekali orang yang dapat berfikir kreatif. Termasuk saya sendiri kadang sulin sekali untuk menemukan hal-yang baru. trims.

Penyebab Mengapa Merasa Tidak Kreatif


Pertama-tama, apa itu kreatif? Kreatif adalah sifat atau karakter orang yang biasa dan mampu menghasilkan ide-ide baru. Inovatif adalah kelanjutan dari kreatif, yaitu menemukan ide-ide yang bermanfaat dan bisa di terima oleh masyarakat. Jadi inovatif dan kreatif adalah satu paket, Anda tidak bisa menjadi inovatif tanpa memiliki kemampuan kreativitas.

Ada dua penyebab umum dalam masalah mengapa orang merasa tidak kreatif. Yang pertama karena dia tidak merasa kreatif, ini adalah masalah mental. Biasanya dia sudah membatasi dirinya untuk kreatif. Yang kedua kurang menguasai tekniknya. Namun yang lebih penting dari teknik ialah masalah mental.


Bangunlah Mental Kreatif


Jadi ada dua yang menyebabkan kita bisa berpikir kreatif yaitu memiliki mental kreatif dan menguasai teknik-teknik berpikir kreatif. Yang pertama Anda harus yakin, bahwa Anda bisa kreatif, sebab itu adalah hak semua orang. Jangan katakan tidak kreatif, karena jika Anda berkata tidak, maka Anda tidak akan pernah bisa mampu. Jadi katakan saya bisa. Ini sikap pertama yang harus Anda miliki.

Ada sikap yang lain?

Yang kedua adalah Anda harus terbuka dan mau menerima yang “aneh-aneh” artinya yang berada di luar jangkauan pikiran Anda. Kebanyak orang langsung menentang sesuatu yang tidak ada dalam pikirannya. Ini yang akan menghambat Anda untuk berpikir kreatif.

Ada Tekniknya Lho!


Yang kedua banyak yang menganggap bahwa kreativitas itu adalah bakat, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menghasilkan ide secara ajaib. Namun, jika diteliti, orang-orang kreatif atau para penemu ternyata melakukan serangkaian teknik tertentu untuk mendatangkan ide. Teknik-teknik itu bisa kita pelajari dan bisa kita tiru.

Ada dua teknik dalam menghasilkan ide, yaitu ituisi dan sistematis. Intuisi itu ialah bagaimana kita membiarkan pikiran bawah sada kita menangkap, mengumpulkan, dan mengelola informasi sehingga menjadi ide baru. Yang kedua ada teknik yang bisa dilakukan secara sistematis, ya dengan otak kiri. Jadi kata siapa berpikir kreatif hanya menggunakan otak kanan, sebab otak kiri pun berperan. Yang terbaik adalah gabungan otak kanan dan otak kiri, yaitu intuisi dan teknik sistematis.

Teknik intuisi juga bukanlah teknik ajaib, ini bisa kita pelajari dan bisa kita praktekan, semua orang bisa. Saya adalah orang dengan latar belakang dominan otak kiri, sebab saya suka dengan pelajaran ilmu pasti dan kuliah di jurusan teknik mesin. Tapi saya bisa mengembangkan kemampuan saya berpikir kreatif secara intutif. Anda pun bisa.

Memang diperlukan serangkaian latihan yang bisa Anda lakukan untuk membina mental atau mindset dan juga teknik-teknik untuk menghasilkan ide. Saat saya memberikan pelatihan atau workshop saya sering menyelipkan latihan kreativitas. Kebanyakan peserta tercengang dan baru sadar kalau sebenarnya dia bisa kreatif hanya saja selama ini hanya menutup diri.

Saya yakin, Anda pun bisa kreatif. Jika Anda memiliki kemauan untuk melatih diri dan membuka pikiran Anda. Insya Allah. Anda bisa mengikuti pelatihan jarak jauh tentang kreativitas disini.

Banyak Manfaatnya – Bukan Untuk Seni Saja


Pemahaman yang banyak dipahami oleh masayarakat adalah bahwa kreativitas itu hanya untuk seniman, para pelukis, pencipta lagi, dan pembuat film. Ternyata tidak, kreativitas di perlukan oleh semua orang. Dalam dunia kerja, Anda perlu kreatif agar mampu mengatasi masalah yang ada dan menghasilkan ide-ide baru untuk bekerja lebih baik.

Dalam bidang bisnis, kreativitas diperlukan untuk menciptakan ide-ide produk baru, ide-ide pemasaran, dan ide-ide operasional untuk bisnis yang lebih baik. Juga, dalam bisnis kita akan menemukan banyak masalah dan kita dituntut agar mampu mencari ide-ide solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kreativitas akan meningkatkan kualitas hidup kita, untuk itu kita perlu memiliki kemampuan kreativitas. Belajarlah dan latihlah kreativitas Anda. Jadilah generasi yang inovatif yang tidak hanya bisa mengekor tetapi mampu menciptakan sesuatu yang memberikan manfaat untuk banyak orang.

Kesimpulan


Jika Anda mau belajar, Anda bisa kreatif. Anda perlu membangun mental kreatif dan mempelajari serta melatih teknik-teknik kreativitas. Ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup Anda, menjadi karyawan yang memberikan kontribusi besar, dan menjadi pebisnis yang inovatif.

Kapan Datangnya Sebuah Ide?


Saat kita sengaja memikirkan sebuah ide, kadang ide begitu sulit datang. Sementara saat kita sedang santai tiba-tiba sebuah ide datang. Sebagai contoh pengalaman saya tadi malam, saat kondisi pikiran sedang santai tiba-tiba muncul sebuah ide untuk menulis sebuah artikel yang ingin segera dipublikasikan agar bisa dibaca oleh Anda pembaca internet. Archimedes datang ide saat dia sedang mandi. Ada juga ide datang saat sedang tidur melalui mimpi dan berbagai cara lainnya. Intinya saat pikiran kita sedang rileks. Mengapa?

Saat sedang tidur, saat sedang mandi, atau saat-saat santai lainnya ialah saat pikiran kita begitu tenang. Inilah saatnya kita mengakses pikiran bawah sadar karena sebenarnya informasi sudah banyak yang tersimpan disana, hanya saja kita perlu mengaksesnya seperti kita mengakses file yang ada di dalam komputer kita.

Jadi kapan datangnya ide? Seringkali ide-ide tersebut sudah ada didalam pikiran bawah sadar. Setiap kali ada informasi, pikiran bawah sadar kita selalu menangkap dan menyimpan informasi tersebut. Yang kita perlukan ialah mengakses dan mengolah informasi yang ada di dalam pikiran bawah sadar. Jika kita mampu melakukannya maka kita dalam sebuah proses kreatif.

Selain kondisi rileks, kita juga bisa mengakses informasi yang ada di dalam pikiran bawah sadar dengan suatu teknik visualisasi. Saat kita membuat suatu visualisasi ke dalam pikiran kita, seolah kita memberikan suatu cetak biru kepada pikiran bawah sadar, kemudian pikiran bawah sadar akan memanggil berbagai unsur yang diperlukan untuk membangun gambaran tersebut menjadi suatu ide atau gagasan yang utuh.

Memang prosesnya tidak selalu instan, kadang diperlukan waktu untuk mengakses semua informasi yang dibutuhkan untuk menyusun suatu ide yang lengkap. Mungkin saja perlu proses untuk menggali baik informasi terdalam maupun justru informasi yang ada di luar kita. Untuk mencari informasi yang ada di luar kita, kita akan memanfaatkan berbagai potongan informasi yang ada di dalam pikiran bawah sadar kita sebagai penghubung atau pemicu untuk mendapatkan informasi lain dari luar.

Fenomena ini oleh Anthony Robbins disebut dengan RAS (Reticular Activating System). Dimana otak akan bertindak seperti magnet, menarik semua informasi dan peluang yang membantu Anda menggapai tujuan yang lebih cepat. Jadi terlepas apakah Anda percaya atau tidak dengan konsep yang dijelaskan oleh Law of Attraction, pemograman pikiran menjadi lebih positif tetap diperlukan untuk keberhasilan Anda.

Relaksasi dan visualisasi hanyalah bagian dari berbagai teknik yang bisa kita gunakan untuk memprogram pikiran. Setidaknya ada empat manfaat besar dari upaya pemograman pikiran,


  1. Mengaktifkan RAS (Reticular Activating System)

  2. Mengaktifkan Mekanisme sukses Otomatis

  3. Mengaktifkan dan memperkuat Law of Attraction

  4. Membangkitkan emosi positif, yang pada ujungnya memiliki motivasi diri yang tinggi.

catatlah segala ide kecil yang kau dapat. ketika kau membutuhkannya ia akan hadir padamu.
dunia adalah kolam yang keruh. begitu banyak hal berseliweran sehinggga membuat kita sulit melihat apa yang sebenarnya ada di dalamnya.

Programlah pikiran Anda menjadi pikiran yang positif dan indah. Anda tinggal pilih dari keempat manfaat tersebut untuk Anda. Mau semuanya? Silahkan.


Apa Ide Terbesar Anda?


“Uang mengalir ke ide-ide hebat”. Ini adalah ungkapan hebat yang saya dapatkan dari buku Cracking The Millionaire Code. Ada empat kode yang perlu dipecahkan untuk menjadi millionaire (juga untuk semua bidang) dan yang pertama ialah menemukan ide hebat, karena uang (atau sukses) mengalir ke ide hebat.

Tugas Anda adalah menemukan ide hebat tersebut. Anda cukup menemukan satu, yah satu saja ide hebat saja, untuk mendapatkan keberhasilan, terobosan, atau hal luar biasa dalam hidup Anda. Ide hebat Robert G Allen (penulis buku ini) menemukan ide hebat berupa ide penulisan Nothing Down yang telah membuat dia menjadi seorang millionare. Mark Victor Hansen (penulis buku ini juga) menemukan ide Chicken Soup for the Soul, yang membuat dia menerima royalti jutaan dollar.

Apa ide hebat Anda?

Ide hebat ada dimana-mana. Dalam pikiran bawah sadar Anda, di udara, dari pembicaraan orang, dari benda-benda yang ada di sekitar Anda, dan berbagai sumber yang sangat banyak sekali jumlahnya.

Ada dua langkah untuk mendapatkan hasil dari ide hebat. Pertama temukan terlebih dahulu ide tersebut, kedua ambil tindakan untuk mewujudkan ide tersebut.

Bagaimana cara menemukan ide hebat? Ide tersebut bisa saja masih tersembunyi. Anda harus mengeluarkan ide tersebut. Jika Anda baru mengeluarkan ide dalam jumlah sedikit, bisa jadi ide terhebat Anda belum keluar. Oleh karena itu, Anda perlu mengeluarkan ide sebanyak mungkin. Semakin banyak ide yang Anda keluarkan, akan semakin besar peluang ide terhabat muncul. Anda perlu kreatif!

Yang kedua, setelah Anda menemukan ide tersebut, bertindaklah untuk mewujudkan ide Anda. Sehebat apa pun ide yang Anda miliki, tidak akan memberikan manfaat untuk Anda kecuali Anda mengambil tindakan untuk mewujudakannya.

Penyebab utama seseorang gagal mewujudkan idenya karena dia gagal mengakses sumber daya yang diperlukan. Inilah sebenarnya penyebab utama semua bisnis, semua masalah ada solusinya jika kita bisa mengakses sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi solusi.

Apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan ide Anda? Siapa saja yang bisa membantu mewujudkan ide Anda? Bagaimana cara mendapatkan apa yang dibutuhkan? Bagaimana cara mendapatkan bantuan dari orang yang bisa membantu Anda? Anda perlu tim untuk menjawab pertanyaan ini semua. Jadi bangunlah tim untuk mewujudkan ide terhebat Anda. Membangun tim yang mampu mewujudkan ide hebat Anda, adalah kode kedua dari empat kode menuju millionare menurut buku ini. Selanjutnya

Tugas 2 : Catat ide 2 yang keluar tanpa sengaja pada sebuah notes kecil pada saat anda sedang; entah lagi ngobrol, melihat pemandangan berusahalah dikembangkan menjadi sebuah rancangan bisnis.


Untuk Apa Ide Brilian?

Ide Brilian Untuk Bisnis Baru


Pernahkah Anda melihat sebuah bisnis baru, yang begitu menguntungkan dalam waktu sekejap? Bisnis itu tidak terpikirkan oleh Anda atau pun oleh kebanyakan orang, tetapi muncul dengan keuntungan yang menggiurkan.

Itulah peran ide brilian dalam bisnis. Ide brilian memberikan kontribusi yang besar terhadap sukses gagalnya sebuah bisnis. Untuk itulah, salah satu rahasia bisnis anti gagal ialah ide bisnis yang brilian.


Ide Brilian Untuk Mengatasi Masalah


Langsung saja sebuah contoh, perusahaan Edelston menjual satu setengah juta buku berjilid setiap tahunnya. Biaya pengapalan yang naik merugikan penjualan. Mereka mencoba penjilidan yang lebih murah dan kertas yang lebih tipis, tetapi hal ini mengorbankan kualitas yang ingin mereka berikan.

Seorang karyawan menyelamatkan setengah juta dolar lebih pertahun dengan rekomendasi ide untuk memotong satu perempat puluh senti meter dari setiap ujung kertas dalam buku. Hal ini mengurangi berat buku, dan merupakan ide kecil tetapi signifikan yang menghasilkan penghematan besar.

Bayangkan jika Anda memberikan ide-ide brilian untuk mengatasi masalah perusahaan Anda. Anda akan menjadi orang penting dalam perusahaan dimana ide-ide Anda begitu berharga.

Ide Brilian Untuk Individu


Bukan hanya masalah bisnis atau perusahaan saja, dengan kemampuan menghasilkan ide brilian, Anda bisa mengatasi berbagai masalah Anda. Sering kali orang mengeluh dan stress karena tidak menemukan solusi, sementara dia sendiri tidak meningkatkan kapasitas dirinya dalam menghasilkan ide-ide brilian.

Jangan dulu mengeluh. Jangan dulu mudah menyerah. Pikirkan ide-ide yang akan menghasilkan solusi. Tingkatkan kualitas dan kemampuan diri Anda.

Jangan dulu mengatakan:

“Mau bisnis apa?”

“Semua sudah saya lakukan!”

“Kenapa orang lain menghalangi saya?”

“Kenapa ide-ide saya dibatasi oleh agama?”

Jika Anda masih mengatakan kalimat-kalimat ini artinya Anda belum kreatif, belum mampu menghasil ide-ide brilian untuk hidup Anda. Untuk itu Anda perlu mempelajari bagaimana menghasilkan ide.


Cara Menghasilkan Ide Brilian

Langkah#1: Ide Brilian Datang Dari Kumpulan Informasi


Tidak ada ide yang benar-benar baru. Pada dasarnya ide baru itu datang dari informasi yang ada di dalam kepala Anda, kemudian dikombinasikan dan dimodifikasi sehingga menghasilkan ide baru.

Jika Anda begitu sulit menghasilkan ide baru, mungkin informasi yang ada dalam kepala Anda masih sedikit. Dengan kata lain, wawasan Anda masih sedikit. Untuk itu, Anda harus terus-menerus meningkatkan wawasan Anda.

Ada banyak cara meningkatkan wawasan:


  1. Membaca buku, ebook, dan menonton video pendidikan.

  2. Mengikuti seminar dan pelatihan

  3. Bergabung dengan perkumpulan atau asosiasi

  4. Berkeliling dan mendatangi tempat-tempat yang belum dikunjungi dan sebagainya.

  5. dan masih banyak cara-cara lainnya

Langkah #2: Kuasai Teknik Mengeluarkan Ide


Mengeluarkan ide itu ada tekniknya dan bisa dipelajari. Anda juga bisa mempelajarinya. Seringkali, orang mengeluh bingung, sementara dia tidak pernah mempelajari bagaimana menggunakan otaknya untuk menghasilkan ide-ide yang mungkin akan menjawab kebingungan dia.

Ada dua teknik untuk mengeluarkan ide:



  1. Pertama teknik sistematis. Ada teknik yang bisa dilakukan secara sistematis, artinya dengan teknik-teknik yang bisa dipelajari secara beraturan. Jika tahu caranya, Anda bisa menghasil ide-ide yang mungkin belum kita pikirkan. Salah satu teknik yang bisa Anda lakukan ialah dengan berpikir terbalik. Jika dulu pemilik toko yang melayani pembeli, kemudian pemikiran ini dibalik, sehingga muncul ide “pembeli yang melayani” kemudian disebut dengan swalayan. Dan tentu masih banyak teknik lainnya.

  2. Kedua teknik intuitif. Jika teknik sistematis lebih memberi tugas pada pikiran sadar, teknik intuitif menugaskan pikiran bawah sadar untuk menemukan ide. Bahannya sama, berupa informasi atau wawasan yang tersimpan di pikiran bawah sadar, kemudian secara tidak sadar diolah menjadi sebuah ide baru. Teknik ini biasanya dengan cara menginstirahatkan pikiran sadar agar hanya pikiran bawah sadar yang bekerja.

Kedua teknik ini dibahas lebih lengkap pada produk kami Anda Pun Bisa Jenius. Jika Anda sudah menerapkannya, Anda bisa menghasilkan ribuan ide dengan mudah dan cepat.

Langkah#3: Evaluasilah Untuk Menemukan Ide Terbaik


Jika Anda sudah menguasai teknik mengeluarkan ide, menghasilkan ribuan ide adalah mudah. Sekarang, Anda tinggal mengevaluasinya untuk mendapatkan ide terbaik. Cara mengevaluasinya pun sama, bisa dengan cara sistematis atau analisis, dan bisa dengan cara kedua, yaitu cara intuitif.

Cara intuitif, meski pun sering menghasilkan ide brilian, tetapi tidak terukur. Berbeda dengan cara anlisis, Anda bisa menghasilkan ide brilian dan bisa meyakinkan semua pihak karena Anda bisa mempertanggung jawabkan secara ilmiah atau secara prosedural.

Dalam video Bisnis Anti Gagal, sudah dijelaskan bagaimana cara menghasilkan dan mengevaluasi ide brilian untuk bisnis, yang bisa Anda terapkan baik untuk menghasil ide bisnis maupun untuk mengatasi masalah pribadi atau perusahaan Anda.

Kesimpulan


Jika ada cara menghasilkan ide secara sistematis, artinya kemampuan menghasilkan ide tidak perlu tergantung bakat. Anda pun bisa menghasilkan ide brilian jika Anda ada kemauan mempelajari caranya

Cara Mengatasi Terlalu Banyak Ide

Terlalu Banyak Ide Itu Tidak Baik?


teralu banyak ide

Seorang motivator mengatakan kalau ide adalah uang. Artinya, terlalu banyak ide sama dengan terlalu banyak uang. Mau nggak Anda terlalu banyak uang? Jika tidak mau, silahkan kirimkan sebagian uang Anda ke saya, karena saya mau terlalu banyak uang.

Jika Anda bingung karena terlalu banyak uang, artinya cara mengelola uang itu yang tidak baik. Jika Anda terlalu banyak uang, ada satu hal yang bisa Anda lakukan, yaitu beramal atau berinfaq. Insya Allah akan menjadi bekal di akhirat dan Anda tidak kebanyakan uang lagi.

Artinya tidak masalah Anda kebanyakan uang, jika Anda bisa memanfaatkan uang itu dengan dikelola dengan baik dan diinfaqan kepada orang yang membutuhkannya. Jika Anda ikhlas, maka Anda akan mendapatkan manfaat besar dari kebanyakan uang. Pertanyaanya, adakah orang yang kebanyakan uang?

Sama halnya dengan kebanyakan ide, jika Anda bisa mengelola dan memanfaatkan ide Anda, maka kebanyakan ide bukanlah sebuah masalah lagi. Ide itu bermanfaat, bahkan ada yang mengibaratkan uang atau sesuatu yang bernilai. Jadi jangan khawatir dengan kebanyakan ide, manfaatkanlah dan kelola dengan baik.

Jika Anda memahami nilai ide, percayalah Anda akan memilih kebanyakan ide dari pada kekurangan ide. Tahukah Anda mengapa ide selalu digambarkan dengan lampu? Ya, karena ide adalah penerang jalan Anda, membuat usaha lebih mudah. Jika Anda tidak suka ide, artinya Anda belum memahami manfaat ide sebenarnya.


Terlalu Banyak Ide Bikin Bingung?

Berbagilah


Jika Anda merasa bingung karena terlalu banyak ide, artinya Anda belum bisa mengelola ide-ide tersebut. Cara paling mudah jika Anda kebanyakan ide adalah dengan membuang yang tidak berguna atau berbagi jika sekiranya berguna bagi orang lain. Banyak orang yang kekurangan ide, mereka mengalami kebingungan yang sama dengan Anda, maka berbagilah dengan mereka. Nanti ide Anda akan berkurang yang tidak lagi terlalu banyak ide.

Sekarang, zamannya social network, dimana Anda bisa berbagi ide dengan mudahnya. Berbagilah, mudah-mudahan orang lain mendapatkan manfaat dari ide-ide Anda. Anda bisa menulis blog dan buku untuk berbagi ide. Anda bisa dapat uang tuch! Ide memang bisa menghasilkan uang.


Terlalu Banyak Ide Bisa Diatasi Dengan Prioritas


Jika Anda memang terlalu banyak ide, maka prioritaskan mana ide yang akan Anda gunakan, ide yang Anda simpan, dan ide yang akan Anda buang. Caranya mudah, tuliskan ide-ide Anda pada buku atau file komputer supaya tidak hilang. Anda bisa mengevaluasinya satu minggu sekali, mana ide yang akan diaplikasikan, mana ide yang masih disimpan dan coret ide yang menurut Anda sudah tidak berguna lagi.

Ya, mungkin bingung, namun akan tambah bingung jika Anda tidak segera mengambil keputusan. Kuncinya ialah keberanian Anda untuk memutuskan mana yang akan Anda prioritaskan. Semakin berani, akan semakin banyak ide-ide yang bisa Anda singkirkan dan hanya tertinggal ide-ide yang berharga.

Dalam ebook saya, Revolusi Waktu Modul Produktif Tanpa Stress, ada sebuah metode yang bisa digunakan untuk mengelola informasi yang terlalu banyak. Nah, metode yang sama bisa diterapkan untuk mengelola ide Anda. Jika Anda memanfaatkan metode ini, Anda akan mendapatkan manfaat optimal dari ide Anda yang menumpuk tanpa harus stress atau bingung.

Ide Itu Cukup Satu Yang Penting Brilian?


Ya tentu saja, akan lebih baik jika kita punya satu ide tetapi ide tersebut benar-benar bermanfaat dan bisa diaplikasikan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara kita menemukan ide brilian tersebut?

Dari pengalaman dan berbagai literatur yang pernah saya baca, salah satu cara mendapatkan ide terbaik atau ide brilian ialah dengan mendatangkan sebanyak mungkin ide terlebih dahulu. Jika kita hanya punya satu ide, apakah dijamin akan menjadi terbaik? Maka miliki banyak ide, kemudian evaluasi, sampai menemukan ide terbaik. Salah satu metode yang sering digunakan pada sesi kreatif dalam manajemen ialah dengan brain storming, dimana setiap orang di tim diminta untuk memberikan ide sebanyak mungkin.

Begitu juga dengan designer dan fotografer, mereka mencoba banyak ide untuk menghasilkan ide yang terbaik. Fotografer mencoba berbagai ide pengambilan gambar dengan berbagai sudut pengambilan dan berbagai momen. Kadang yang digunakan hanya satu foto. Begitu dengan designer yang mencoba ide-ide layout, ide-ide huruf, ide-ide warna, ide-ide kombinasi, dan sebagainya untuk mendapatkan karya terbaik.

Jadi untuk mendapatkan satu ide brilian, seringkali harus melewati banyak ide dulu.


Bahaya Hanya Punya Satu Ide


Jika Anda hanya punya atau mengetahui satu ide saja, kemudian gagal dalam mengaplikasikannya, maka kebanyakan orang akan menyerah karena BINGUNG mau melakukan apa lagi. Berbeda dengan yang banyak ide, dia bisa mencoba ide yang lain, mencoba lagi ide lain, dan seterusnya hingga di tidak mudah menyerah. Kecuali jika Anda cukup kreatif untuk menghasilkan ide baru.

Kesimpulan


Terlalu banyak ide itu bukanlah sebuah masalah, yang bermasalah adalah saat Anda tidak bisa mengelola dan mengevaluasi ide-ide yang Anda miliki.

7 Tip Mengasah Kreativitas

mengasah kreativitas

Mengapa Harus Mengasah Kreativitas?


Mengasah kreativitas sangat diperlukan karena pentingnya bagi keberhasilan kita. Kreativitas bukan hanya milik seniman, tetapi semua aspek kehidupan akan memerlukankemampuan kreativitas untuk mengatasi masalah dan mendapatkan ide-ide yang memperbaiki karir, bisnis, dan hidupnya. Kreativitas menjaga gairah hidup dan kreativitas menjadikan hidup Anda terus melaju.
Saya sudah banyak menulis artikel tentang manfaat kreativitas, diantaranya

  • Salah Satu Potensi Itu Adalah Ide-ide

  • Cara Mengatasi Masalah

  • Rahasia Selalu Ada Jalan

  • Cara Membangkitkan Gairah Kembali

  • Cara Memecahkan Masalah

  • Kekuatan Kreativitas

  • Perlukah Kreativitas?

Setiap dari kita memiliki kekuatan untuk menjadi kreatif. Allah Subhaanahu wa ta’ala sudah menciptakan manusia dengan kemampuan kreativitasnya. Masalahnya adalah bahwa kita, terlalu sering, menghambat kreativitas alami kita sehingga membuat kesalahan dalam berpikir dan menjadikan diri kita lebih banyak masalah daripada seharusnya. Untuk itu kita perlu mengasah kreativitas agar tetap tajam dan mampu menghasil ide-ide cemerlang.

Berikut adalah 7 cara untuk mengasah kreativitas alami Anda

  1. Jangan Terlalu Cepat Membuat Asumsi.


Terlalu cepat mengambil asumsi adalah contoh dari sikap malas berpikir. Kenapa disebut malas? Karena sering kali kita tidak mau menunggu untuk mendapatkan semua informasi yang kita perlukan untuk mendapatkan kesimpulan yang benar. Terlalu cepat mengambil asumsi artinya dia malas untuk mendapatkan atau mencari informasi yang diperlukan.

Ada kisah dari nasabah di bank yang setelah menguangkan cek dan berbalik untuk pergi, kemudian kembali dan berkata:

“Maaf, saya pikir Anda membuat kesalahan.”

Kasir menjawab, “Saya minta maaf tapi tidak ada yang bisa saya lakukan Anda harus menghitungnya di depan kami. Jika Anda sudah berjalan kaki, kami tidak lagi bertanggung jawab.”

Nasabah menjawab: “OK, terima kasih atas tambahan $ 20.”

Si kasir terlalu cepat mengambil asumsi, dikiranya si nasabah mau meminta tambahan karena kurang, padahal justru kelebihan. Akhirnya si kasir malah rugi sendiri.

Tip Mengasah Kreativitas: Bila Anda merasa diri Anda ingin untuk menarik kesimpulan, usahakan sampai mendapatkan informasi yang cukup. Kesabaran dan kemauan mendapatkan informasi yang cukup adalah salah satu cara untuk mengasah kreativitas kita.

  1. Lihat Hal Dari sudut pandang orang lain.


Pikiran yang benar-benar terbuka bersedia menerima bahwa, tidak hanya mengandalkan sudut pandang sendiri, tetapi bahwa sudut pandang orang lain mungkin lebih valid. Anda boleh hebat, tapi orang lain bisa mendapatkan informasi yang belum pernah Anda dapatkan. Bisa jadi, ilmu Anda sudah banyak, tetapi orang lain juga bisa menemukan ilmu, meski pun sedikit, tetapi belum Anda ketahui.

Tip Mengasah Kreativitas: Bersiaplah untuk mempertimbangkan sudut pandang orang lain. Sebab, bisa jadi Anda menemukan sesuatu yang belum pernah Anda temukan.


  1. Mengasah Kreativitas Dengan Menghindari Berpikir Yo-Yo.


Beberapa orang cenderung memiliki kecenderungan untuk berayun dari suasana hati yang sangat positif satu menit untuk satu yang sangat negatif berikutnya, semuanya karena apa yang mereka lihat di depan mereka. Ini seperti yo-yo: satu menit, turun berikutnya atau dikenal juga orang yang tergantung mood.

Tip Mengasah Kreativitas: Jika ada tergantung oleh mood, maka pikiran Anda tidak akan bekerja dengan baik. Oleh karena itu mulailah belajar berpikir tanpa harus dipengaruhi oleh mood.


  1. Menghilangkan Kebiasaan Malas Berpikir.


Kebiasaan malas berpikir bisa menjadi batu sandungan besar untuk berpikir jernih. Malas berpikir bisa mendapatkan kesimpulan yang salah, informasi yang tidak lengkap, dan tidak mendapatkan apa yang seharusnya Anda dapatkan. Sementara, Anda akan bertindak sesuai dengan kesimpulan yang Anda dapatkan. Anda tidak akan pernah mendapatkan ide-ide kreatif jika malas berpikir.

Tip Mengasah Kreativitas: Jangan berpikir bahwa, sesuatu terjadi selalu dengan cara biasanya. Bisa saja, kali ini berubah. Jangan pernah mengandalkan “biasanya”. Ciri orang yang malasa berpikir selalu beralasan dengan “biasanya”.


  1. Think Like A Child.


Sedikit bergaya, dengan menggunakan bahasa Inggris, berpikirlah seperti anak kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah sinapsis, atau koneksi di otak pada anak dua lebih besar daripada orang dewasa rata-rata. Inilah alasannya anak-anak tidak memiliki batasan pandangan terhadap dunia, sebagaimana orang dewasa.


Tentu saja tidak semua cara berpikir anak-anak harus ditiru. Cara berpikir ana-anak yang bisa ditiru adalah keinginan mencoba dan mengetahuinya yang tinggi. Sementara cara berpikir bergantung pada orang lain, manja, dan cengeng jangan ditiru.

Tip mengasah kreativitas: Jangan khawatir tentang mitos usia. Dengan stimulus yang tepat dan gairah untuk belajar, Anda benar-benar dapat meningkatkan kekuatan otak Anda.


  1. Lihat The Detail Serta The Big Picture.


Tip Mengasah Kreativitas: langsung saja baca artikel ini:
Berpikir Zoom In dan Zoom Out
  1. Pikirkan Untuk Diri Anda.


Tahukah Anda, jika kita sering menonton berita, ada pola pikir yang secara tidak sadar kita terima. Media memang digunakan untuk membentuk opini. Nah, Anda jangan terbawa opini publik dengan mudah. Sepertinya benar karena sudah menjadi opini umum, tetapi pernahkah Anda berpikir untuk berbeda? Intinya berusahalan berpikir untuk diri sendiri, jangan hanya mengikuti opini orang lain.

Tip Mengasah Kreativitas: Jangan biarkan opini orang lain mempengaruhi Anda bagaimana untuk berpikir. Berpikirlah dengan jernih, mungkin opini publik itu salah, mungkin juga benar. Hanya Al Quran dan Hadits Shahih yang dijamin kebenarannya.



Insya Allah setelah melakukan 7 tip mengasah kreativitas ini Anda akan terpukau karena banyak ide-ide cemerlang yang Anda hasilkan. Selamat mengasah kreativitas Anda

Tugas 3 : Cari Video yang menginspirasi kreativitas anda dan tuliskan analisis saudara

Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə