Program pascasarjana magister teknik sipil

Sizin üçün oyun:

Google Play'də əldə edin


Yüklə 193.72 Kb.
tarix26.07.2018
ölçüsü193.72 Kb.




UNIVERSITAS

ISLAM

INDONESIA

PROGRAM PASCASARJANA

MAGISTER TEKNIK SIPIL

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

Terakreditasi “B” dari BAN-PT

SK Nomor: 005//BAN-PT/AK-VIII/S2/VI/2010

Konsentrasi:



  • Manajemen Konstruksi (MK)

  • Rekayasa Kegempaan & Manajemen Kebencanaan (RGMB)

  • Perencanaan & Teknik Transportasi (PTT)

  • Manajemen Transportasi (MT)

Informasi & Pendaftaran:



Sekretariat Program Pascasarjana Magister Teknik Sipil

Kampus Terpadu UII, Gedung FTSP Lantai II

Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta

Telp. (0274) 896441, Faks. (0274) 896442

website: http://www.master.civil.uii.ac.id

e-mail: admisi.mts@uii.ac.id





  1. Pendahuluan



Sejarah perjalanan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia menunjukkan bahwa kontribusi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai mitra Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat besar dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas. Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan tinggi sejak tahun 1945 dengan kondisi dan potensi yang dimiliki merasa terpanggil untuk ikut berperan dalam menjawab tantangan global dan laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Program Pascasarjana Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (PMTS FTSP) UII didirikan untuk menjawab tantangan global di atas. Era globalisasi memungkinkan tenaga asing ikut berkompetisi dalam dunia kerja di Indonesia, sehingga penyediaan SDM milik bangsa yang mumpuni adalah suatu keharusan. Situasi ini membuka peluang yang besar bagi dunia pendidikan untuk ikut aktif memberi kesempatan pada dunia kerja (eksekutif dan profesional) menyiapkan diri bersaing ketat dengan mereka.



Appropriate technology dan efisiensi dalam pembangunan fisik sebagai sarana dan prasarana dalam pembangunan ekonomi di Indonesia memerlukan tenaga teknik yang berkualitas. Di samping itu, PMTS FTSP UII juga merespon meningkatnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan tenaga-tenaga akademik dan profesional di bidang konstruksi, mitigasi (penanggulangan) bencana, dan transportasi.

PMTS FTSP UII secara resmi dibuka berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 401/DIKTI/Kep/1999 – tanggal 13 September 1999 dan telah terakreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor: 005/BAN-PT/AK-VIII/S2/VI/2010 – tanggal 24 Juni 2010.




  1. Visi dan Misi PMTS



  1. Visi PMTS

Terwujudnya Program Magister Teknik Sipil UII yang memiliki komitmen pada keunggulan dan risalah islamiah dalam pendidikan, pengembangan, penerapan bidang Teknik Sipil bertaraf internasional untuk kemaslahatan umat.


  1. Misi PMTS

Menyelenggarakan program pendidikan Strata-dua (S2) dalam bidang ilmu Teknik Sipil untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan kompeten bertaraf internasional dalam bidang teknik sipil dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman.


  1. Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan di PMTS FTSP UII adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan S2 (Magister Teknik) yang profesional di bidang teknik sipil dan memiliki daya saing tinggi secara global

  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan ilmu di bidang teknik sipil untuk kemaslahatan umat.

  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen terhadap keislaman.

  4. Menyebarkan dan mengembangkan ilmu bidang teknik sipil dan teknologi berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat

  1. Program dan Gelar



  1. Program Reguler

Program reguler dirancang untuk mahasiswa dengan latar belakang pendidikan S1 Teknik Sipil atau ilmu eksakta lain yang memenuhi persyaratan untuk dapat mengikuti Program S2 Magister Teknik Sipil di PMTS FTSP UII, baik mahasiswa freshgraduate maupun sarjana S1 yang telah bekerja. Pelaksanaan program reguler mengacu pada peraturan dan sistem pendidikan tinggi yang berlaku. Lulusan program reguler berhak menyandang gelar Magister Teknik (M.T).


  1. Program Double Degree

Rintisan Program Double Degree antara PMTS FTSP UII dan Department of Urban and Regional Planning (DURP), Universty of Hawaii at Manoa (UHM), Amerika Serikat telah dimulai sejak tahun 2012. Program ini merupakan implementasi dari Memorandum of Understaning (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang telah ditandatangani kedua pihak. Pada tahun 2013 PMTS FTSP UII mengirimkan 2 (dua) mahasiswa untuk mengikuti Program Master Credit di DURP UHM selama 5 (lima) bulan dengan hasil sangat memuaskan.

Program Double Degree telah mendapatkan persetujuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 832/MPK/.E/LN/2014 tanggal 29 September 2014 dan Western Association of Schools and Colleges (WASC) sebagai salah satu dari 6 asosiasi akreditasi regional di Amerika Serikat yang berhak memberikan rekomendasi terselenggaranya Program Double Degree tersebut.



Mahasiswa yang dapat menyelesaikan Program Double Degree akan mendapatkan 2 (dua) ijazah dan 2 (dua) gelar, yaitu Magister Teknik (M.T.) dan Master of Urban and Regional Planning (MURP).


  1. Konsentrasi (Bidang Studi)

Konsentrasi (Bidang Studi) yang diselenggarakan dan dikembangkan oleh PMTS FTSP UII saat ini adalah:


    1. Manajemen Konstruksi (MK)

Konsentrasi Manajemen Konstruksi (MK) didirikan untuk merespon tuntutan masyarakat yang semakin membutuhkan tenaga-tenaga akademik dan profesional dalam bidang pelaksanaan pembangunan konstruksi. Pembangunan konstruksi sudah pasti memerlukan tenaga-tenaga teknik yang berkualitas dan profesional serta memiliki etika moral yang luhur, bermental ulet, serta berpikiran analitis dan kreatif, sebagaimana rumusan kompetensi lulusan pada Konsentrasi Manajemen Konstruksi.

    1. Rekayasa Kegempaan & Manajemen Kebencanaan (RGMB)

Konsentrasi ini didirikan untuk merespon kejadian bencana alam yang cenderung meningkat di Indonesia. Peningkatan kejadian bencana alam terjadi baik secara kualitas maupun kuantitas. Konsentrasi ini merupakan pengembangan dari konsentrasi yang sudah ada sebelumnya, yaitu Manajemen Rakayasa Kegempaan (MRK). Kompetensi lulusan konsentrasi RGMB adalah mempunyai wawasan, kepribadian, kemampuan akademik dan praktikal yang unggul dalam mengelola bencana khususnya dalam bidang kegempaan dan kebencanaan.


    1. Perencanaan & Teknik Transportasi (PTT)

Konsentrasi Perencanaan dan Teknik Transportasi didirikan untuk menjawab masalah transportasi di Indonesia yang semakin rumit. Hal ini disebabkan pertumbuhan kendaraan yang sangat tinggi sedangkan prasarana tidak mencukupi atau tidak memadai. Jaringan jalan yang ada atau sedang dibangun tidak sesuai dengan tata guna lahan yang ada atau yang sedang direncanakan. Selain itu, penanganan permasalahan transportasi juga belum profesional karena sangat kurangnya Sumber Daya Manusia di bidang transportasi. Kompetensi Lulusan Teknik Transportasi adalah lulusan yang mempunyai wawasan yang berkepribadian, dapat bekerjasama dengan disiplin ilmu lain dalam menyelesaikan masalah transportasi, dan mampu melakukan penelitian terutama untuk pengembangan ilmu dan inovasi baru di bidang Teknik Sipil Transportasi.

    1. Manajemen Transportasi (MT)

Konsentrasi Manajemen Transportasi didirikan karena masalah transportasi belum tertangani dengan baik, terutama yang berkaitan dengan kemacetan, polusi udara, perubahan tata guna lahan, dan pertumbuhan kendaraan yang semakin meningkat bahkan melewati batas toleransi. Salah satu penyebabnya adalah sangat kurangnya sumber daya manusia terutama yang berkaitan dengan keahlian mengelola komponen-komponen transportasi hingga membentuk sistem yang berdaya guna. Kompetensi lulusan Manajemen Transportasi adalah lulusan yang mempunyai kompetensi wawasan yang berkepribadian, mampu mengelola komponen-komponen transportasi, dapat bekerja sama dengan disiplin ilmu lain, dan mampu melakukan penelitian yang berorientasi untuk pengembangan ilmu dan inovasi baru terutama di bidang manajerial transportasi.

  1. Kurikulum

Susunan kurikulum PMTS UII mengacu pada visi, misi, dan tujuan, yang didalamnya terdapat unsur kesungguhan, keunggulan, dan manfaat. Dengan kurikulum ini diharapkan kematangan intelektual, kemampuan berpikir kritis dan analitis serta responsif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dapat dicapai oleh setiap lulusan.


    1. Kurikulum Manajemen Konstruksi (MK)

Semester I

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Manajemen Konstruksi

3

2.

Teknologi Bahan Konstruksi

3

3.

Sistem Pengambilan Keputusan

3

4.

Ekonomi Teknik

3

Jumlah

12

Semester II

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Metodologi Penelitian & Statistika Terapan

3

2.

Metoda Konstruksi

3

3.

Perencanaan, Penjadwalan, dan Pengendalian Proyek

3

4.

Aspek Hukum & Administrasi Proyek

3

5.

Manajemen Risiko Konstruksi

3

Jumlah

15

Semester III

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Produktivitas & Kualitas Konstruksi

2

2.

Etika Profesi & Kewirausahaan

3

Jumlah

5

Semester IV

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Tesis

6

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa MK adalah sebanyak 38 SKS


    1. Kurikulum Rekayasa Kegempaan & Manajemen Kebencanaan (RGMB)

Semester I

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Analisis Dinamika Struktur

3

2.

Manajemen Kebencanaan

2

3.

Bencana Alam dan Rekayasa Kegempaan

3

4.

Pengembangan Masyarakat

2




Jumlah

10

Semester II

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Evaluasi, Rekonstruksi dan Rehabilitasi Struktur

3

2.

Metodologi Penelitian dan Statistika Terapan

3

3.

Dinamika Tanah dan Teknik Kegempaan

3

4.

Asesmen Risiko Bencana Alam

3




Jumlah

12

Semester III

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Perencanaan Bangunan Tahan Gempa

3

2.

Pelaksanaan Bangunan Tahan Gempa

3

3.

Sistem Informasi Kebencanaan

2

4.

Pengembangan Kepribadian Profesi

2




Jumlah

10

Semester IV

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Ekonomi Kebencanaan

2

2.

Tesis

6




Jumlah

8

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa RGMB adalah sebanyak 40 SKS


    1. Kurikulum Perencanaan & Teknik Transportasi (PTT)

Semester I

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Rekayasa Lalu Lintas Angkutan Jalan

3

2.

Sistem Manajemen Jalan Raya

4

3.

Perencanaan dan Pemodelan Transportasi

3

4.

Ekonomi Transportasi dan Metode Apraisal

4

Jumlah

14

Semester II

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Risiko Kebencanaan dan Keselamatan Infrastruktur Transportasi

4

2.

Statistika Terapan dan Metodologi Penelitian

3

3.

Bahan Konstruksi Jalan

3

4.

Rekayasa Jalan Raya

4

Jumlah

14

Semester III

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Etika Profesi dan Kewirausahaan

2

2.

Studi Independen

2

Jumlah

4

Semester IV

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Tesis

6

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa PTT adalah sebanyak 38 SKS


    1. Kurikulum Manajemen Transportasi (MT)

Semester I

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Dasar-dasar Transportasi

3

2.

Transportasi Publik dan Barang

3

3.

Kebijakan dan Hukum Transportasi

3

4.

Transportasi, Perencanaan Wilayah, dan Lingkungan

3

5.

Ekonomi Transportasi

3

Jumlah

15

Semester II

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Geographic Information Systems (GIS) dan Intelligent Traffic Systems (ITS)

3

2.

Metodologi Penelitian dan Statistik

3

3.

Manajemen SDM dan Prasarana

3

4.

Manajemen Terminal

3

Jumlah

12

Semester III

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Etika Profesi dan Kewirausahaan

2

2.

Studi Independen

3

Jumlah

5

Semester IV

No.

Mata Kuliah

SKS

1.

Tesis

6

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa MT adalah sebanyak 38 SKS

  1. Proses Perkuliahan dan Syarat Kelulusan

7.1. Proses Perkuliahan


  1. Perkuliahan dilaksanakan dengan tatap muka, diskusi, penyajian makalah, seminar/presentasi, kuliah lapangan, tugas mandiri dan tugas kelompok.

  2. Kuliah dalam satu semester dilaksanakan 12-14 kali tatap muka setiap mata kuliah ditambah Ujian Tengah Semester (UTS) dan diakhiri dengan Ujian Akhir Semester (UAS).


7.2. Syarat Kelulusan

Program pendidikan di PMTS FTSP UII dirancang dapat ditempuh dalam waktu 4 semester atau 24 bulan. Namun demikian, pada kenyataannya banyak mahasiswa yg dapat lulus dengan masa studi kurang dari 4 semester (24 bulan). Adapun syarat kelulusan mahasiswa adalah:



  1. Telah menempuh minimum 32 SKS dari mata kuliah yang ditawarkan dan tesis 6 SKS dengan IPK minimum 2,75 tanpa nilai kurang dari C-

  2. Nilai mata kuliah Etika Profesi (Pengembangan Kepribadian Profesi) minimal B

  3. Nilai ujian pendadaran minimal B




  1. Daftar Dosen Pengampu

Staf pengajar PMTS FTSP UII terdiri atas dosen senior yang telah berpengalaman mengajar dengan latar belakang pendidikan berasal dari berbagai Perguruan Tinggi terkemuka baik dalam maupun luar negeri.


No.


Nama Dosen

Bidang Keahlian

Asal

Pendidikan Terakhir

1.

Prof. Ir. Widodo, MSCE., Ph.D.

Rekayasa Kegempaan

Univ. of Canterbury,

New Zealand



2.

Prof. Ir. Sarwidi, MSCE., Ph.D., IP-U.

Rekayasa Kegempaan

RPI, New York,

USA


3.

Prof. Ir. Mochamad Teguh, MSCE., Ph.D.

Teknik Struktur

University of Melbourne, Australia

4.

Prof. Dr. Ir. Achmad Djunaedi, MUP.

Arsitektur

Texas A & M University, USA

5.

Prof. Ir. Iman Satyarno, M.Eng., Ph.D.

Teknik Struktur

Univ. of Canterbury,

New Zealand



6.

Prof. Ir. Masyhur Irsyam, MSc., Ph.D.

Geoteknik & Rekayasa Kegempaan

University of Michigan, An Arbor, USA

7.

Prof. Dr. Sunyoto Usman

Sosiologi

Flinders University, Australia

8.

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto

Metodologi Penelitian

IKIP
Jakarta

9.

Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D.

Ilmu Statistik

University Putra

Malaysia


10.

Prof. Ir. Bakti Setiawan, MA., Ph.D.

Arsitektur

University of British Columbia, USA

11.

Prof. Dr. H.A. Sudibyakto, M.S.

Geografi

Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

12.

Prof. Dr. Sunarto, M.S.

Geografi

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

13.

Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc.

Geografi

Justus-Liebig-Universität Gießen, Germany

14.

Prof. Dr.ing. Ir. Achmad Munawar, M.Sc.

Transportasi

Ruhr Universität Bochum, Germany

15.

Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, MT.

Transportasi

Universitas Diponegoro, Semarang

16.

Dr. Ir. Luthfi Hasan, M.S.

Geoteknik

Institut Teknologi Bandung

17.

Dr. Ir. Purnomo Soekirno

Manajemen Konstruksi

INSA-Lyon,

Perancis


18.

Dr. Ir. Edy Purwanto, CES., DEA.

Geoteknik

Univ. Joseph Forier, Grenoble, Perancis

19.

Dr. Ir. Ruzardi, M.S.

Hidrologi

University Kebangsaan Malaysia

20.

Dr. Ir. Dradjat Suhardjo, SU.

Lingkungan

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

21.

Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc.

Teknik Struktur

University Kebangsaan Malaysia

22.

Ir. Setya Winarno, MT., Ph.D.

Manajemen Konstruksi

University of Sheffield, United Kingdom

23.

Dr. Ir. Lalu Makrup, MT.

Geoteknik

Institut Teknologi Bandung (ITB)

24.

Ir. Akhmad Suradji, MT., Ph.D.

Manajemen Konstruksi

UMIST, United Kingdom

25.

Ir. M. Agung Wibowo, M.Sc., M.M., Ph.D.

Manajemen Konstruksi

The University of Nothingham, UK

26.

Dr. Chairil Anwar

Kimia

University Utrecht, Belanda

27.

Dr. Bagus Riyono, MA.

Psikologi

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

28.

Fitri Nugraheni, ST., MT., Ph.D.

Manajemen KonstruksI

Curtin University, Australia

29.

Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc.


Geografi

Universite Paris I Panthéon-Sorbonne, France

30.

Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT.

Teknik Informatika

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

31.

Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D.

Transportasi

Curtin University of Technology, Australia

32.

Albani Musyafa, ST., MT., Ph.D.

Manajemen Konstruksi

Curtin University of Technology, Australia

33.

Ir. Tuti Sumarningsih, ST., MT.

(Dr. Cand.)



Manajemen Konstruksi

Univ. Diponegoro, Semarang

34.

Ir. Bachnas, M.Sc.

Transportasi

Delf University of University, Belanda

35.

Ir. Faisol AM., M.S.

Manajemen Konstruksi

Institut Teknologi Bandung

36.

Ir. Subarkah, M.T.

Transportasi

Institut Teknologi Bandung

37.

Ir. Sutji Lestari, M.Sc.

Teknik Sipil

ITB & Strathclyde University, Scotland, UK

38.

Ir. Ahmad Saifudin Mutaqi, MT., IAI.

Arsitektur

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

39.

Berlian Kushari, ST., M.Eng.

Transportasi

Chulalongkorn University, Thailand



  1. Fasilitas Pendidikan

  1. Bagi mahasiswa yang berprestasi akan diberi kesempatan untuk menempuh Program Master Credit atau Double/Joint Degree di University of Hawai’i at Manoa, USA.) khusus untuk Konsentrasi RGMB..

  2. Ruang kuliah ber-AC lengkap dengan peralatan presentasi yang baik, di antaranya LCD Projector, OHP, Slide Projector, dan Laptop/PC.

  3. Sistem Informasi Akademik disediakan bagi mahasiswa untuk mempermudah akses informasi kegiatan akademik yang berbasis teknologi informasi.

  4. Perpustakaan ilmu teknik sipil dengan jumlah koleksi  9.000 judul, termasuk literatur asing. Koleksi literatur di Perpustakaan Pusat UII dapat diakses secara online.

  5. Fasilitas internet yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh mahasiswa.

  6. Laboratorium: Bahan Konstruksi Teknik, Mekanika Tanah, Jalan Raya, Struktur, Komputasi dan GIS (Geographic Information System)




  1. Syarat dan Prosedur Pendaftaran

10.1. Persyaratan Umum

  1. Lulusan S 1 Teknik/Eksakta: Sipil, Bangunan, Arsitektur, Mesin, Lingkungan, Geodesi, Geologi, Elektro, Informatika, Kimia, dan Sain MIPA: Matematika, Statistika, Fisika, Geofisika dan Ilmu Komputer.

  2. Calon mahasiswa dapat berasal dari berbagai profesi/instansi, seperti: Dosen, Guru SMK Teknik, Pegawai/Staf Pemerintah (PNS), Swasta, Kontraktor, Konsultan, Pengurus Asosiasi maupun Freshgraduate.


10.2. Persyaratan Beasiswa

  1. Lulus seleksi dengan melampirkan sertifikat dan/atau surat penerimaan dari perguruan tinggi yang dituju

  2. Memiliki IPK S1 atau yang sederajat minimal 3,25 dan beasiswa diberikan maksimal selama 4 semester

  3. Bagi pelamar yang mempunyai sertifikat kejuaraan nasional dan/atau internasional dalam bidang olahraga dan seni wajib memiliki IPK 3,00 selama studi

  4. Memiliki kemampuan bahasa asing yang ditunjukkan dengan sertifikat setara TOEFL minimal 500 (Institusional) atau 475 (Internasional), IELTS minimal 5,5

  5. Memiliki hasil Tes Potensi Akademik (TPA) minimal 450 atau yang sederajat

  6. Mempunyai kemahiran berbahasa Indonesia melalui Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) (khusus mahasiswa asing dan bila diperlukan)

  7. Usia pendaftar diprioritaskan tidak lebih dari 35 tahun

  8. Memiliki publikasi pada media masa nasional/internasional dalam bentuk Intellectual Social Responsibility (ISR)


10.3. Prosedur Pendaftaran

  1. Membayar biaya pendaftaran dan biaya seleksi sebesar Rp 350.000,- melalui Rekening MTS UII di Bank Bukopin Nomor: 1001342041 dan mengirimkan bukti pembayaran ke Sekretariat PMTS FTSP UII secara langsung atau melalui faksimili: (0274) 896441 atau email: admisi.mts@uii.ac.id

  2. Mengisi formulir pendaftaran Program Reguler/Mandiri atau Program Beasiswa Unggulan secara manual dengan prioritas secara online dan file dapat diunduh di www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id atau www. master.civil.uii.ac.id

  3. Melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

    1. Fotokopi Ijazah S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;

    2. Fotokopi Transkrip Nilai S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;

    3. Proposal Rencana Topik Tesis, Perencanaan Waktu Studi, dan Kebutuhan Anggaran;

    4. Biodata (CV) disertai foto profil bebas santai ukuran 4x6 cm;

    5. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 2 (dua) lembar;

    6. Fotokopi KTP 1 (satu) lembar;

    7. Surat ijin atau tugas belajar dari instansi yang mengusulkan bagi PNS;

    8. Fotokopi sertifikat penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.

  4. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes TOEFL, dan Wawancara yang diselenggarakan oleh PMTS FTSP UII sesuai jadwal yang telah ditentukan.


Dostları ilə paylaş:
Orklarla döyüş:

Google Play'də əldə edin


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2017
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə