Sejarah perusahaan



Yüklə 126,53 Kb.
tarix29.10.2017
ölçüsü126,53 Kb.

BAB II

SEJARAH PERUSAHAAN


    1. Sejarah Perusahaan

Ada sederet kisah panjang yang menegaskan keberadaan Rajawali Hiyoto hingga saat ini. Perjuangan itu di mulai di Gang Suniaraja, Bandung pada tahun 1951, ketika pendiri perusahaan ini, Bapak Lauw Kok Men dan saudara-saudaranya, mengawali usahanya di bidang cat dengan mendirikan sebuah toko besi dan bahan bangunan.

Seiring bergulirnya waktu, usaha ini semakin berkembang. Meluasnya lingkup usaha menjadi distributor cat di tahun 1965, dilanjutkan dengan merintis usaha produksi cat di tahun 1973. Asal kata HIYOTO berasal dari bahasa Mandarin yang maknanya adalah menikmati banyak kebahagiaan dan kesenangan.

Setelah menempati lokasi baru di Jl. Industri, Leuwigajah, Cimahi, maka pada tahun 1988 dilakukan penambahan kata RAJAWALI yang melengkapi nama HIYOTO. Kata Rajawali memiliki makna, berupaya keras untuk menarik dan menggali banyak keuntungan.

Digunakannya nama Rajawali Hiyoto adalah buah dari filosofi perusahaan yang tekandung dalam makna yang begitu dalam: berupaya dengan keras meraih keuntungan agar semua pihak dapat menikmati banyak kebahagiaan.

Semangat itulah yang menjadi jiwa bagi perusahaan ini untuk terus melangkah, berusaha untuk selalu memberikan kebahagiaan pada semua pihak. Kebahagiaan untuk semua karyawan, kebahagiaan yang dirasakan pemilik dan kebahagiaan serta kepuasan yang terasa langsung oleh para pelanggan.

Selalu ada ruang untuk hadirnya inovasi baru, sejalan dengan adanya kesempatan untuk berbenah dan terus memperbaiki diri. Karenanya, kami terus berupaya untuk selalu berkembang serta meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kepada pelanggan. Bagaimana melakukannya? Riset dan pengembangan produk adalah kuncinya, kualitas sumber daya manusia adalah jiwanya, optimal dalam kinerja adalah motor penggeraknya, dan kepuasan pelanggan adalah harapannya. Karena kami yakin, dalam langkah kecil perbaikan yang kami lakukan, selalu terbuka jalan menuju esok yang lebih baik.

Adalah sebuah kemestian, ketika kami senantiasa menaruh perhatian yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia, penataan struktur organisasi dan penyempurnaan sistem kerja di perusahaan. Melalui sejumlah training internal, seminar dan pelatihan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berpengalaman, terlatih dan selalu berorientasi pada kinerja terbaik.

Upaya terbaik dilakukan oleh tim manajemen untuk memastikan keseluruhan sistem berjalan dengan sebaik mungkin sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang di akreditasi oleh SGS International Certification Service.

Inilah pencapaian kami yang menghantarkan pada sebuah komitmen terjaganya kualitas produk yang kami hasilkan. Memenuhi kebutuhan pelanggan adalah keinginan kami. Karenanya, rangkaian produk yang lengkap, dari architectural paint hingga heavy duty, dari industrial paint hingga construction chemicals, kami sediakan demi terpenuhnya keinginan dan terpuaskannya harapan pelanggan.

Tidak hanya itu, ketika personalisasi menjadi sebuah keharusan dalam bisnis ini, kami menjawabnya dengan mengikuti perkembangan teknologi. Adalah sebuah tantangan buat kami : menyediakan warna-warna tak terbatas, memenuhi kebutuhan personal, dan melayani pelanggan dengan pelayanan prima yang di mungkinkan dengan adanya Tinting System Technologi yang kami sediakan. Kami peduli untuk menjadikan semua itu terwujud nyata, karena kepuasan pelanggan adalan kebanggaan kami.

Think decoration melandasi semua usaha yang kami lakukan. Riset terpadu yang berkesinambungan dan didukung oleh sejumlah tenaga kompeten di bidangnya, menghasilkan produk-produk yang bermutu serta terjaga kualitasnya.

Proses produksi dilakukan melalui sinergi dari sejumlah tenaga ahli yang berpengalaman, tenaga kerja yang terlatih di lapangan, mesin-mesin yang berteknologi terkini, serta bahan baku yang berkualitas.

Upaya menjaga kualitas produk terus menerus kami lakukan dengan cara melakukan pengawasan mutu yang ketat terhadap keseluruhan proses dan hasil produksi. Pengemasan produk dengan mutu terbaik tidak hanya memenuhi kebutuhan keamanan produk tapi juga selera Anda akan keindahan.

Team pemasaran yang solid, sistem logistik yang terpadu dan jaringan distribusi yang tersebar di hampir setiap wilayah Indonesia menjadi jaminan ketersediaan produk-produk kami di pasar se-Indonesia.

Semua itu merupakan bagian dari komitmen kami pada kualitas dan pelayanan kami pada pelanggan, sehingga semakin memudahkan tercapainya misi perusahaan untuk selalu menciptakan kepuasan bagi pelanggan.

PT. Rajawali Hiyoto senantiasa mengadakan riset terpadu untuk menghasilkan produk cat berkualitas. Riset dan pengembangan terus menerus dilakukan secara berkesinambungan yang meliputi perbaikan formulasi cat hingga inovasi produk-produk baru yang meliputi perkembangan teknologi. Sejumlah alat berteknologi terkini selalu digunakan di laboratorium riset dan pengembangan untuk menunjang inovasi yang terus menerus dilakukan oleh PT. Rajawali Hiyoto.

Upaya menjaga kualitas produk terus menerus dilakukan oleh PT. Rajawali Hiyoto dengan cara pengawasan mutu yang ketat terhadap keseluruhan proses dan hasil produksi, sehingga menghasilkan produk-produk yang bermutu, konsisten serta terjaga kualitasnya demi kepuasan pelanggan.

Sistem logistik yang terpadu serta jaringan pemasaran yang luas semakin menunjang ketersediaan produk-produk PT. Rajawali Hiyoto di pasar. Hal tersebut menjadi bagian dari komitmen kami pada kualitas dan pelayanan kami pada pelanggan, sehingga semakin memudahkan tercapainya misi perusahaan untuk selalu menciptakan kepuasan pelanggan.

PT. Rajawali Hiyoto, yang memiliki jaringan distribusi yang tersebar di hampir setiap wilayah di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk membangun jaringan pasar yang luas dan menjangkau segmen pasar potensial se Indonesia dengan tujuan memberikan kemudahan penyediaan produk bagi konsumen.

PT. Rajawali Hiyoto, memiliki 5 anak cabang salah satunya yaitu RALSTON DE VERFKEUKEN yang beralamat di Jl. Karang Sari No. 15 yang merupakan Product Group E dan memiliki lisensi dari Belanda. Berdiri pada tanggal 14 Maret 2006.



Di Ralston De Verfkeuken, kita bisa mewujudkan keinginan kita untuk memiliki cat khusus sekaligus membuatnya sendiri. Prosesnya begitu mudah dan menyenangkan.


    1. Visi Dan Misi RALSTON DE VERFKEUKEN

Adapun Visi dan Misi dari RALSTON DE VERFKEUKEN adalah sebagai berikut :


      1. Visi RALSTON DE VERFKEUKEN

Berikut ini adalah Visi dari RALSTON DE VERFKEUKEN :

  1. Menyediakan produk yang dapat diterima , terjangkau dan mudah diperoleh konsumen di wilayah-wilayah terpilih.

  2. Memperbaiki proses kerja secara berkesinambungan hingga mencapai standar kualitas tinggi.

  3. Meningkatkan kesejahteraan bersama bagi segenap pihak yang terkait dalam bisnis kami.

  4. Mewujudkan suatu organisasi yang terkelola dengan baik.

      1. Misi RALSTON DE VERFKEUKEN

Berikut ini adalah misi dari RALSTON DE VERFKEUKEN :

  1. Menjadi salah satu dari 3 perusahaan terbesar dalam industri cat tertentu secara jumlah dan nilai.

  2. Menjadi perusahaan Manufaktur bahan baku kimia tertentu dengan pertumbuhan tercepat.

  3. Menjadi perusahaan distribusi perlengkapan bahan bangunan nomor 2 terbesar yang semakin di perhitungkan di Indonesia.



    1. Struktur Organisasi


STRUKTUR ORGANISASI RALSTON DE VERFKEUKEN




    1. Unit Kerja dan Uraian Jabatan

Adapun unit kerja dan uraian jabatan, maka penulis akan menerangkan tugas, tanggung jawab dan wewenang dari setiap bagian yaitu:


      1. Unit Kerja dan Uraian Jabatan RALSTON DE VERFKEUKEN

Struktur organisasi merupakan bagian dari manajemen perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi yang baik, maka akan memudahkan pemimpin dan para karyawan untuk mengetahui batas-batas tugas, wewenang dan tanggung jawab, serta hubungan kerja pada tiap personilnya.


      1. Secara umum Struktur Organisasi RALSTON DE VERFKEUKEN terdiri atas beberapa bagian yaitu :

Susunan Organisasi terdiri dari :

  1. Sales & Marketing Division Head

  2. Product Group E Dept. Head

  3. Marketing and Operational Store Section Head

  4. Marketing Promo

  5. Colour Consultan

  6. Marketing Executive

  7. Accounting

  8. Administration

  9. Technical Support




  1. Sales & Marketing Division Head

Tujuan utama Sales & Marketing Division Head, Merencanakan, mengorganisir, dan memonitor fungsi-fungsi pengelolaan marketing product group E yang mencakup strategi produk, strategi harga, promosi, dan distribusi dalam rangka meningkatkan penjualan secara value maupun volume.

Tugas dan Tanggung Jawab :

    1. Membuat, mereview, mengevaluasi perencanaan kerja / master plan departemen PG E sebagai panduan kerja di setiap bagian di PG E mengarahkan tim agar bekerja sesuai dengan master plan

  1. Mengevaluasi pencapaian tahun sebelumnya, menganalisa masalah-masalah dan penanganannya

  2. Pembuatan rencana kerja Marketing PG E

  3. Melaksanakan rencana kerja

  4. Mengontrol pelaksanaan rencana kerja

  5. Evaluasi



    1. Identifikasi peluang-peluang pasar

  1. Analisis data mapping pasar dan kompetitor serta kompetitor dan customer profiling

  2. Analisis data-data produk (brand extension, brand equity)

  3. Analisis consumer behavior, memahami kebutuhan dan keinginan customer

  4. Mencari peluang-peluang pasar



    1. Mendapatkan pangsa pasar yang signifikan pada segmen menengah atas baik dalam bidang direct sales / proyek

  1. Pengenalan dan presentasi produk

  2. Kunjungan ke Proyek-Proyek baru maupun repainting dan Kontraktor.

  3. Monitoring penjualan cabang

  4. Menentukan action yang tepat



    1. Pengembangan brand

  1. Pemilihan produk/merk baru atau pengelolaan dengan melihat peluang yang paling maksimal

  2. Merencanakan/membuat konsep-konsep brand dengan menciptakan maupun mengumpulkan ide-ide

  3. Segmenting, targeting, dan positioning produk secara tepat dan akurat

  4. Menentukan Marketing Mix (pricing strategy, placing, promotion programme, product) yang mampu saing

  5. Menentukan komunikasi produk

  6. Menentukan target penjualan

  7. Menentukan waktu/jadwal launching produk

  8. Membuat action plan yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan brand yang dikelola

  9. Monitoring, review, dan evaluasi pada brand secara berkala

  10. Berkoordinasi dengan departemen terkait



    1. Bertanggungjawab atas pengelolaan toko cat yang berada di bawah PG E

  1. Membuat sistem operasional toko

  2. Monitoring jalannya operasional toko



    1. Mempersiapkan rencana anggaran tahunan serta mengawasi dan mengevaluasi pengeluaran biaya Dept PGE

  1. Menganalisa kebutuhan di tahun yang akan datang

  2. Menyusun budget tahunan

  3. Mengajukan pada atasan

  4. Mengawasi dan mengevaluasi setiap pengeluaran biaya


g. Mengevaluasi/analisis antara cost yang dikeluarkan dan keuntungan yang didapatkan

  1. Evaluasi dan analisis efektifitas kegiatan promosi, komunikasi produk, dll

  2. Membuat laporan ke atasan


h. Mengelola sumberdaya di Dept PG-E

  1. Analisis pekerjaan-pekerjaan dalam brand management

  2. Pembagian tugas dan tanggung jawab dalam brand management

  3. Memutuskan kegiatan / action plan tim PG E

  4. Memastikan kelancaran operasional kegiatan-kegiatan brand management dengan mengadakan meeting rutin untuk mengontrol aktivitas tim

  5. Mengkaji pencapaian action plan

  6. Menganalisa alasan yang menyebabkan tidak terealisasinya action plan

  7. Mendiskusikan permasalahan dan mencari solusi

  8. Memotivasi karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pelaksanaan seluruh aktivitas di bagiannya

  9. Melakukan continual improvement


i. Melaksanakan pengembangan kompetensi diri dan bawahan

                1. Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan.

                2. Melakukan identifikasi atas kebutuhan kompetensi diri dan bawahan sesuai dengan bidang pekerjaannya.

                3. Melakukan identifikasi dan perencanaan atas tingkat kompetensi yang ingin dicapai, termasuk action plan.

                4. Merencanakan program pelatihan yang diperlukan bawahan

  1. Evaluasi hasil pengembangan dan pelatihan yang telah dilaksanakan


Wewenang :

Dengan Persetujuan Atasan

        1. Strategi produk (Promotion, Place, Product, Price)

        2. Recruitment & Lay off

Tanpa Persetujuan Atasan

  1. Pengembangan Produk

  2. Penetapan pembuatan tools promosi.

  3. Pengiriman barang promosi, kartu warna, dll ke Cabang terkait

  4. Pengelolaan team brand management

  5. Permintaan pembelian sampel kompetitor, ATK, dll


2. Marketing and Operasional Store Section Head

Tujuan utama Marketing and Operasional Store Section Head, Bertanggungjawab atas operasional toko dan penjualan product group-E.



Tugas dan Tanggung Jawab:

a. Merencanakan dan memonitor pencapaian target penjualan

  1. Membuat sales forecast

2) Membuat strategi / taktik penjualan

        1. Memonitor Pencapaian Target Harian & Mingguan

        2. Joint Visit secara rutin dengan Sales

        3. Kunjungan ke langganan secara rutin untuk

Memelihara hubungan baik dengan customer

  1. Bekerjasama dengan tim marketing pusat merencanakan promo dan memantau keberhasilan promo-promo


b. Meningkatkan kepuasan pelanggan

        1. Memastikan order dikirim tepat waktu

        2. Memastikan komplain dari customer telah diselesaikan

        3. Memastikan pelanggan ditangani dengan baik


c. Mendevelop jaringan pemasaran

  1. Mencari informasi-informasi pasar baik dari laporan sales, survei langsung ke lapangan, maupun dari sumber informasi lain yang memungkinkan

  2. Memeriksa analisa kelayakan


d. Memastikan operasional toko berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan prosedur

  1. Memeriksa rekap laporan penagihan bulanan dan memastikan penagihan dilakukan sesuai jadwal

  2. Memeriksa sisa stock dan standart stock dan memastikan stock cukup

  3. Melakukan analisa laba rugi cabang

  4. Memastikan kebutuhan rumah tangga toko terpenuhi dengan baik




    1. Membuat budget tahunan dan mengontrol penggunaannya

  1. Menganalisa kebutuhan tahunan toko

  2. Menyusun budget

  3. Mengajukannya ke atasan

  4. Mengontrol penggunaan budget




    1. Mengelola sumber daya yang menjadi tanggung jawabnya

  1. Pembagian tugas masing-masing anak buahnya

  2. Mengadakan briefing untuk membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi, sharing

  3. Mengelola kinerja bawahan

  4. Menjaga peralatan/perlengkapan kerja yang menjadi tanggungjawabnya

  5. Melakukan analisis biaya manfaat dalam menggunakan biaya



    1. Melakukan pengembangan diri dan bawahan


  1. Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan.

  2. Melakukan identifikasi atas kompetensi bawahan sesuai dengan bidang pekerjaannya.

  3. Melakukan identifikasi dan perencanaan atas tingkat kompetensi yang ingin dicapai.

  4. Merencanakan program pelatihan yang diperlukan bagi staff

  5. Memberikan pengarahan-pengarahan pada sales

  6. Memotivasi karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang menduksung pelaksanaan seluruh aktivitas di bagiannya


Wewenang :

  1. Menolak segala sesuatu yang bertentangan dengan Sistem dan Prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan

  2. Memberikan peringatan, teguran dan pembinaan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di lapangan yang dilakukan bawahannya

  3. Meminta kepada atasannya sarana dan prasaran yang dibutuhkan untuk memperlancar tugas-tugasnya.

  4. Membuat Usulan , Saran, dan pendapat yang berguna bagi kelancaran tugasnya dan bagi kemajuan perusahaan

  5. Meminta pertanggung jawaban Sales supervisor dan mengambil tindakan terhadap piutang yang telah jatuh tempo dan Over TOP


3. Marketing Promo

Tugas utama Marketing Promo, Melaksanakan kegiatan pemasaran PG-E serta operasional toko.



Tugas dan Tanggung Jawab :

  1. Membantu memastikan operasional toko berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan prosedur

  1. Bekerjasama dengan color consultant, melakukan penataan ruangan sesuai dengan konsep-konsep display yang telah ditentukan

  2. Memastikan stock bahan baku & pendukung cukup

  3. Memastikan kebutuhan rumah tangga toko terpenuhi dengan baik

  4. Memastikan perangkat lunak dapat berfungsi dengan baik dan mengkoordinir perawatannya

  5. Memastikan peralatan / tools yang digunakan dapat berfungsi dengan baik dan mengkoordinir perawatannya



  1. Mengelola sumber daya yang menjadi tanggung jawabnya

  1. Menjaga peralatan/perlengkapan kerja yang menjadi tanggungjawabnya



    • Melakukan pengembangan diri


  1. Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan

  2. Melakukan identifikasi dan perencanaan atas tingkat kompetensi yang ingin dicapai


Wewenang :

  1. Meminta kepada atasannya sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk memperlancar tugas-tugasnya.

  2. Membuat Usulan , Saran, dan pendapat yang berguna bagi kelancaran tugasnya dan bagi kemajuan perusahaan


4.Colour Consultan

Tugas utama Consultan, Mempromosikan produk serta memberikan konsultasi teknis dan warna untuk menarik pelanggan dan melayani pelanggan yang datang ke toko.


Tugas dan Tanggung Jawab :

a. Melayani pelanggan yang datang ke counter, mengarahkan agar pelanggan membeli produk

  1. Memberikan informasi produk dan aplikasi pada pelanggan

  2. Memberikan konsultasi warna, desain, dan teknik aplikasi cat

  3. Memfollow up customer yang pernah datang (menelepon, dll)

  4. Membuat cat sesuai permintaan pelanggan atau mengguide customer untuk membuat cat

  5. Menerima pembayaran atau mengarahkan pada administrasi




    1. Membuat dan mengaplikasikan konsep-konsep marketing

  1. Mengikuti trend warna

  2. Mempelajari dan mengupdate pengetahuan design interior

  3. Mengatur display ruangan semenarik mungkin

  4. Membuat konsep-konsep marketing (promosi, pelayanan,dll) dan mendiskusikannya dengan atasan


c. Memastikan stock bahan di counter tersedia

1) Memeriksa ketersediaan bahan

2) Mengisi stock kosong
d. Membuat laporan-laporan yang dibutuhkan


  1. Membuat rencana kerja

  2. Memastikan buku tamu terisi

  3. Membuat laporan harian dan bulanan


e. Mengelola sumberdaya dan menjaga kebersihan lingkungan

  1. Memastikan mesin selalu beroperasi dengan baik

  2. Melaporkan pada atasan jika ada peralatan kerja yang rusak

  3. Menjaga kartu warna dan sales tools lainnya dengan baik

  4. Menjaga kebersihan counter

  5. Merawat alat-alat kerja yang dipakainya



    1. Melakukan pengembangan diri


  1. Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan

  2. Mengikuti training-training yang disediakan



Wewenang :

Dengan persetujuan atasan :

  1. Mengupdate program di computer


Tanpa persetujuan atasan :

  1. Menjual produk dengan harga yang telah ditentukan


5. Marketing Executive

Tugas Utama Marketing Executive, Memasarkan produk ke proyek maupun pengguna langsung dan Mengatasi masalah teknis yang berkaitan dengan produk yang dijual.


Tugas dan Tanggung jawab :

  1. Kunjungan Prospect

  1. Mencari calon customer / prospect

2) Menghubungi prospect untuk membuat janji bertemu

3) Membuat jadwal kunjungan

4) Melakukan kunjungan (memperkenalkan perusahaan dan produk-produknya)

5) Bekerjasama dengan teknikal support untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk kunjungan tersebut (company profile, kartu warna, daftar harga, data teknis, slide presentasi, alat peraga, dll)



  1. Pendekatan penjualan (presentasi, kunjungan rutin, dll)

  2. Meminta administrasi untuk membuat surat penawaran

  3. Melakukan demo / presentasi jika dibutuhkan

  1. Follow up penjualan

  1. Memastikan barang yang dipesan diterima customer pada waktu yang telah disepakati

  2. Melakukan pengiriman barang jika diperlukan

  3. Melakukan penagihan

  4. Memonitor hasil aplikasi




  1. Mengembangkan relasi yang dapat mendukung transaksi

  1. Melakukan kunjungan rutin / prospek

  2. Memonitor hasil pengecatan secara berkala

  3. Menghadiri undangan-undangan

  4. Melayani konsultasi seputar produk dan pendukungnya




  1. Pre check-Up dan supervisi proyek yang sedang berjalan untuk memastikan hasil akhir yang maksimal

  1. Menjelaskan / melakukan demonstrasi / pelatihan cara-cara pengecatan yang baik dan benar

  2. Melakukan pre check up proyek yang ditangani

  3. Menyelesaikan masalah-masalah teknis pengecatan




  1. Membuat rencana kerja dan progress report setiap bulan.

  1. Membuat rencana kerja bulanan

2) Membuat progress report

  1. Mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan pemasaran produk

  1. Mencari informasi mengenai produk-produk yang beredar di pasaran

2) Mencari informasi lainnya yang berhubungan dengan pemasaran produk

    • Melakukan pengembangan diri


  1. Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan

  2. Melakukan identifikasi dan perencanaan atas tingkat kompetensi yang ingin dicapai.


Wewenang :

Dengan persetujuan atasan :

  1. Pemberian sample dan trial

  2. Memberi barang promosi


Tanpa persetujuan atasan :

  1. Menentukan kunjungan ke customer

2) Supervisi proyek

3) Memecahkan problem teknis di lapangan




  1. Accounting

Tugas utama Accounting, Bertanggungjawab atas pencatatan proses akuntansi.

Tugas dan Tanggung Jawab :

    1. Melaksankan Pencatatan penjualan

  1. Membuat Jurnal

  2. Membuat Buku Besar

  3. Menghitung uang kas

  4. Membuat laporan Penjualan

  5. Membuat surat penawaran

  6. Filling document

  7. Menerima pesanan / PO secara langsung


b. Melaksanakan administrasi gudang

1) Mencatat barang yang masuk dan keluar

2) Melaksanakan stock opname

3) Membuat surat permintaan pasta dan bahan lainnya jika stok mencapai ROP

4) Membuat laporan-laporan yang dibutuhkan


    1. Membantu kelancaran operasional toko

    1. Membantu Consultant dalam mendisplay ruangan

    2. Melayani tamu jika Consultant sibuk

    3. Menjamin ketersediaan ATK, air minum dan perlengkapan toko lainnya

    4. Menjamin kebersihan dan kerapihan counter



d. Mengelola sumberdaya dan menjaga kebersihan lingkungan

  1. Menjaga kebersihan alat kerja

  2. Melaporkan pada atasan jika ada peralatan kerja yang rusak

  3. Menjaga kartu warna dan sales tools lainnya dengan baik

  4. Menjaga kebersihan counter

  5. Merawat alat-alat kerja yang dipakainya



e. Melakukan pengembangan diri


1) Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan

  1. Mengikuti training-training yang disediakan


7. Administration

Tugas utama Administration, Bertanggungjawab atas administrasi penjualan, inventory serta kelancaran operasional toko.



Tugas dan Tanggung Jawab :

    1. Melaksankan administrasi penjualan

1) Membuat nota

2) Menerima pembayaran

3) Menghitung uang kas

4) Membuat laporan keuangan

5) Membuat surat penawaran

6) Filling document

7) Menerima pesanan / PO secara langsung

b. Melaksanakan administrasi gudang

1) Mencatat barang yang masuk dan keluar

2) Melaksanakan stock opname

3) Membuat surat permintaan pasta dan bahan lainnya jika stok mencapai ROP

4) Membuat laporan-laporan yang dibutuhkan
c. Membantu kelancaran operasional toko

1) Membantu Consultant dalam mendisplay ruangan

2) Melayani tamu jika Consultant sibuk

3) Menjamin ketersediaan ATK, air minum dan perlengkapan toko lainnya

4) Menjamin kebersihan dan kerapihan counter
d. Mengelola sumberdaya dan menjaga kebersihan lingkungan

1) Menjaga kebersihan alat kerja

2) Melaporkan pada atasan jika ada peralatan kerja yang rusak

3) Menjaga kartu warna dan sales tools lainnya dengan baik

4) Menjaga kebersihan counter


  1. Merawat alat-alat kerja yang dipakainya



e. Melakukan pengembangan diri


1) Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan

  1. Mengikuti training-training yang disediakan


Wewenang :

Dengan persetujuan atasan :

  1. Mengajukan / membeli peralatan rumah tangga toko


8. Technical Support

Tugas utama Technical Support, Memberikan dukungan teknis untuk operasional marketing & selling PG-E (Ralston).



Tugas dan Tanggung Jawab :

          1. Memberikan dukungan teknis dalam rangka menunjang program marketing & selling

  1. Mempersiapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan

  2. Melaksanakan aplikasi

  3. Melaporkan hasil uji coba aplikasi

  4. Menyiapkan panel peraga dan panel demo aplikasi produk

  5. Menyiapkan cat, substrat, dan peralatan untuk demo aplikasi

  6. Melakukan demo

  7. Membantu dalam pelaksanaan aktifitas konsultasi

  8. Membantu aktifitas event-event marketing

  9. Membantu packing dan persiapan barang-barang pesanan


b. Melakukan perawatan peralatan dapur cat

  1. Menjaga kebersihan peralatan dapur cat

  2. Perawatan rutin peralatan dapur cat

c. Mengelola sumberdaya dan menjaga kebersihan lingkungan

  1. Melaporkan pada atasan jika ada peralatan kerja yang rusak

  2. Menjaga kebersihan area tanggungjawabnya

  3. Merawat peralatan kerja yang dipakai

  4. Melakukan K3 5S



    1. Melakukan pengembangan diri


  1. Melakukan proses belajar sendiri sebagai upaya pengembangan kompetensi yang berkesinambungan.

  2. Melakukan identifikasi dan perencanaan atas tingkat kompetensi diri yang ingin dicapai


Wewenang :

Dengan Persetujuan Atasan

      1. Mengajukan usulan kelengkapan kerja (bahan dan peralatan kerja)


Yüklə 126,53 Kb.

Dostları ilə paylaş:




Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2020
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə