Internalisasi nilai-nilai islam dengan pendekatan psikologi dalam interaksi guru dan siswa smu uii di yogyakarta



Yüklə 225,8 Kb.
tarix26.07.2018
ölçüsü225,8 Kb.
#58431


Hibah Pengabdian Masyarakat Dan Dakwah Islamiyah

PENYUSUNAN MODUL DAN PELATIHAN

INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA SMU UII DI YOGYAKARTA

oleh:

Emma Indirawati, S.Psi., M.Psi.

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi Ilmu Sosial dan Budaya

Universitas Islam Indonesia

Yogyakarta

2007

PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang

Islam adalah agama rahmatan lil’alamin. Namun sayang di zaman sekarang, sudah banyak orang-orang Islam yang kehilangan agamanya sendiri. Nilai-nilai keislaman hanya muncul di buku-buku dan majalah-majalah keislaman atau menjadi perbincangan hangat di saluran TV seputar ceramah agama. Namun nilai-nilai Islam tidak terlihat dalam perilaku keseharian umatnya. Islam dan umatnya bagaikan bumi dan matahari, saling berjauhan. Islam hanya seperti slogan yang hampa makna dalam keseharian hidup umatnya. Keprihatinan tersebut difasilitasi oleh prodi kita dengan mengadakan hibah pengabdian masyarakat yang diperuntukkan untuk dilakukan para dosen dan mahasiswa peserta seminar psikologi Islami. Salah satu bentuknya adalah penulis yang akan mengikutsertakan mahasiswa seminar psikologi Islami, akan mencoba menyusun modul pelatihan dan melaksanakan pelatihan kepada para guru SMU UII di Yogyakarta. Harapan kita, usaha konkrit dari segenap civitas akademika prodi psikologi untuk membumikan Islam ini dapat menginternalisasikan nilai-nilai Islam tersebut di hati para guru dan siswa-siswa yang dididiknya. Insya Allah pada saatnya kelak, Islam benar-benar dapat menjadi rahmat bagi semesta alam.

Dalam konteks ini, kegiatan yang direncanakan akan diimplementasikan adalah Internalisasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan Psikologi dalam Interaksi Guru dan Siswa di SMU UII. SMU UII merupakan lembaga pendidikan formal jenjang menengah atas yang berdiri di bawah naungan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia. SMU ini tergolong SMU yang kurang memperoleh perhatian jika dibandingkan dengan SMU lain di Yogyakarta. Hasil analisis kebutuhan (need assessment )yang dilakukan di SMU UII menghasilkan satu kondisi yang relatif membutuhkan treatment, baik dalam konteks individu muridnya, maupun relasi yang terbangun antara guru dengan murid, baik relasi dalam konteks pembelajaran maupun non pembelajaran.

SMU UII memiliki tenaga pengajar sejumlah 26 tenaga guru dengan 1 orang guru tetap dan 25 orang guru kontrak. Di antara 25 guru tersebut, hanya ada 17 guru yang menjadikan SMU UII sebagai tempat bekerja utamanya, sementara 8 lainnya menjadikan SMU UII sebagai tempat kerja sambilan di samping tempat kerja yang lain. Berdasarkan kondisi ini bisa ditarik satu asumsi mendasar bahwa motivasi mengajar yang dimiliki oleh tenaga pengajar di SMU UII relatif rendah. Hal ini tentu saja akan membawa implikasi terhadap output proses pembelajaran yang dilangsungkan, yaitu terhadap para peserta didik.


  1. Hasil Need Assessment di SMU UII

Pelaksana hibah telah melakukan kunjungan ke sekolah yang akan dijadikan tempat pelaksanaan hibah pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah yaitu di SMU UII Yogyakarta. Kunjungan yang dilakukan pada hari Selasa, tanggal 21Agustus tersebut adalah dengan melakukan wawancara tidak terstruktur pada Bapak Kepala Sekolah SMU UII( Bapak Sumaryatin, Spd.), Ibu Suci Shauminingtyas selaku guru BP, dan salah satu wali kelas yaitu Ibu Ari.

Hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala SMU UII, Sumaryatin, S.Pd menyebutkan bahwa secara kuantitatif jumlah murid di SMU UII saat ini adalah 152 murid, sebagian berasal dari Jawa dan sebagian yang lain berasal dari luar jawa dengan komposisi agama 100% muslim. Institusi pendidikan yang bervisi ”Mencetak generasi berprestasi dan berakhlak Islami” ini berupaya untuk mencetak pribadi para siswa yang tidak hanya pintar secara intelektual, namun juga memiliki akhlakul karimah dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Upaya ini telah ditempuh kebanyakan melalui jalur-jalur non kurikuler yang melibatkan alumni. Sementara jalur kurikuler masih sulit mengingat masih rendahnya tingkat komitmen yang bisa diberikan oleh sebagian tenaga pengajarnya.

Wawancara yang dilakukan dengan Guru BP SMU UII, Suci Shauminingtyas, S.Psi., menunjukkan bahwa motivasi siswa SMU UII sebagian masih rendah. Hal ini juga terkait dengan komitmen guru yang juga masih relatif rendah. Lebih lanjut, Guru BP SMU UII juga memberikan saran agar pelatihan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas SMU UII juga diikuti dengan lokakarya dalam rangka merumuskan pola bimbingan dan konseling yang Islami untuk kalangan siswa.

Berdasarkan uraian di atas, setidaknya ada beberapa permasalahan mendasar yang bisa ditemukan dalam konteks pembelajaran di SMU UII, yaitu:



  1. Rendahnya motivasi dari siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

  2. Rendahnya komitmen guru dalam memberikan nuansa pembelajaran berkualitas kepada peserta didik.

  3. Belum adanya desain bimbingan dan konseling yang Islami dalam konteks pengarahan dan penumbuhan minat berprestasi para peserta didik.

  4. Masih banyaknya kendala internal dari dalam diri peserta didik terkait dengan mekanisme peningkatan nilai-nilai keIslaman pada diri siswa melalui jalur non kurikuler.

Mengingat, SMU UII memiliki visi terkait dengan nilai-nilai KeIslaman, yakni mencetak peserta didik yang tidak hanya mumpuni pada aspek intelektual saja, melainkan juga mampu mengadopsi nilai – nilai Islam ke dalam kehidupannya sehari-hari dalam bentuk akhlakul karimah. Berdasarkan hal inilah kemudian disusun satu kegiatan yang terwadahi dalam hibah pengabdian masyarakat yang mengambil fokus pada Internalisasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan Psikologi dalam Peningkatan Kualitas Guru dan Peserta Didik di SMU UII.


  1. Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai aspek yang terlibat dalam konteks hubungan antara guru dengan peserta didik dengan berdasarkan pada nilai-nilai Islam.


  1. Hasil Kegiatan

Hasil yang diharapkan muncul pasca kegiatan ini antara lain:

a. Meningkatnya komitmen guru dalam memberikan kegiatan pembelajaran dan pembinaan pada peserta didik di SMU UII sehingga memberi andil yang optimal dalam upaya pencapaian visi SMU UII.

b. Meningkatnya motivasi berprestasi dan berakhlakul karimah dalam diri peserta didik.

c. Teroptimalkannya kegiatan pembinaan keagamaan yang telah mulai diselenggarakan oleh pihak institusi SMU UII

d. Terciptanya desain bimbingan konseling Islami dalam proses pengarahan dan penumbuhan bakat, serta minat peserta didik dalam mencapai visi SMU UII

e. Terjalinnya hubungan yang harmonis antara para guru dan para siswanya.




  1. Lingkup Kegiatan

Kegiatan hibah pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah ini merupakan implementasi Catur Dharma UII dalam bidang Pengabdian Masyarakat Dan Dakwah Islamiyah yang dilaksanakan melalui program Hibah Pengembangan dan Peningkatan keunggulan Program Studi UII. Adapun dalam konteks program studi Psikologi UII, kegiatan ini diimplementasikan dalam kegiatan Internalisasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan psikologi dalam peningkatan kualitas guru dan peserta didik di SMU UII.

Adapun lingkup kegiatan yang akan dilaksanakan dalam proses pengabdian dan dakwah Islamiyah ini adalah sebagai berikut:



    1. Perumusan materi pelatihan yang diberikan kepada guru dan siswa SMU UII berdasarkan proses need assessment yang telah dilakukan.

    2. Pembuatan modul untuk masing-masing materi pelatihan

    3. Pelibatan mahasiswa peserta kuliah Seminar Psikologi Islami

    4. Pelaksanaan Pelatihan kepada guru dan siswa di SMU UII

    5. Evaluasi akhir kegiatan hibah pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah

    6. Penyusunan Laporan kegiatan hibah pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah




  1. Materi Kegiatan

Perumusan materi ini didasarkan pada analisis kebutuhan (need assessment) yang telah dilakukan. Berdasarkan proses analisis kebutuhan tersebut, dirumuskan beberapa materi pelatihan yang relevan dalam rangka internalisasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan Psikologi dalam peningkatan kualitas guru dan siswa di SMU UII. Materi dalam kegiatan hibah pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah ini dibegi ke dalam tiga kelompok materi yang saling mendukung satu sama lain, yaitu (1) Peneguhan Posisi Guru sebagai Pendidik Generasi, (2) Peningkatan Pemahaman tentang remaja dan sekolah, (3) Peningkatan pemahaman tentang Metode Pembelajaran dan Pengelolaan Potensi Siswa.

Adapun rincian dari masing-masing kelompok materi tersebut sebagai berikut :



Peneguhan Posisi Guru sebagai Pendidik Generasi

  1. Prophetic Intelligence

    1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menguatkan berbagai dimensi prophetic intelligence dalam diri peserta. Tujuan sesi pelatihan ini adalah untuk meneguhkan kembali berbagai potensi sifat kenabian yang bisa dikembangkan dalam kegiatan belajar-mengajar atau pembinaan dalam pendidikan formal.

    1. Sasaran

Guru SMU UII

    1. Pelaksana

Sus Budiharto, S.Psi, M.Si

  1. Peran dan Fungsu Guru sebagai Pendidik Generasi Rabbani

    1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran posisi guru sebagai salah satu pihak yang memiliki andil dalam menjamin keberlangsungan kehidupan generasi yang akan datang. Pelatihan ini didesain untuk memberikan satu spirit bagi guru dalam konteks pelaksanaan berbagai tugasnya, baik dalam konteks rambu-rambu formal yang ditetapkan oleh pihak sekolah maupun kesadaran pribadi sebagai pendidik.

    1. Sasaran

Guru SMU UII

    1. Pelaksana

Rumiani, S.Psi

Peningkatan Pemahaman tentang Remaja dan Sekolah

  1. Motivasi belajar Prophetic

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait dengan konsepsi motivasi dalam Islam dan implementasinya dalam konteks peningkatan motivasi belajar yang ada dalam diri siswa sebagai peserta didik. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu guru dalam proses upaya peningkatan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

KH.Hamdani Bakean Adz Dzakiey



  1. Perkembangan remaja dan Problematikanya

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini diberikan sebagai satu upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta terkait dengan remaja dan berbagai aspek perkembangan yang tengah dijalaninya. Pemahaman tentang remaja ini sangat diperlukan karena konteks pembelajaran yang dihadapi oleh para guru dalam hal ini adalah siswa SMU yang notabene masih menginjak usia remaja. Pelatihan ini diperlukan untuk membantu guru dalam memformulasikan berbagai rumusan perlakuan pembelajaran yang relevan dengan kondisi psikologis siswa.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

Emma Indirawati, S.Psi, M.Psi

  1. Kelapangdadaan dan Agresivitas Siswa

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini diberikan sebagai satu upaya untuk meningkatkan pemahaman guru tentang dimensi agresivitas yang dimiliki oleh siswa dan konsep kelapangdaan sebagai salah satu solusi yang bisa dikembangkan dalam mengatasi munculnya dimensi agresivitas yang sangat rentan dalam diri siswa tersebut.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

H.Fuad Nashori, S.Psi, M.Si

Peningkatan Pemahaman tentang Metode Pembelajaran dan Pengelolaan Potensi siswa

  1. Quantum Teaching

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini diberikan sebagai satu upaya untuk meningkatkan pemahaman guru terkait dengan metode pembelajaran yang efektif dalam penumbuhan berbagai potensi siswa. Selain itu, pelatihan ini juga memiliki tujuan untuk membantu guru dalam memberikan orientasi kepada penumbuhan siswa sebagai pembelajar yang mandiri.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

Dian Sari Utami, S.Psi

  1. Manajemen Kelas

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini diberikan sebagai satu upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang pola manajemen kelas yang efektif dalam konteks pembelajaran pada remaja. Orientasi sesi pelatihan ini adalah untuk membantu pada guru dalam menjamin efektifitas pola manajemen kelas yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran bersama siswa.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

Uly Gusniarti, S.Psi, M.Si

  1. Komunikasi Efektif

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini diberikan sebagai satu upaya untuk meningkatkan pola komunikasi yang dimiliki oleh guru dalam kegiatan pembelajaran kepada siswa di kelas. Tujuan dalam pelatihan ini adalah untuk menjamin efektifitas dalam tersampaikannya materi pembelajaran kepada para siswa.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

Thobagus Muh. Nu’man, S.Psi, Psikolog

  1. Bimbingan Dan Konseling Islami

  1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman atas konsep bimbingan dan konselingdalam dunia pendidikan yang berlandaskan pada nilai Islam. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam rangka melakukan pengembangan potensi yang dimiliki oleh para siswa dalam menjalankan tugasnya sebagai pelajar.

  1. Sasaran

Guru SMU UII

  1. Pelaksana

Miftahun Ni’mah Suseno, S.Psi, Psikolog

  1. The Power of Learning Style

    1. Deskripsi dan Tujuan

Pelatihan ini merupakan satu upaya untuk meningkatkan pemahaman guru terkait dengan gaya belajar yang dimiliki oleh murid. Cakupan dari pelatihan ini meliputi teori tentang gaya belajar (learning style), gaya belajar pada siswa SMU, dan pengukuran gaya belajar yang bisa diimplementasikan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi guru dalam penyusunan metode pembelajaran yang lebih memiliki relevansi dengan kondisi anak didik.

    1. Sasaran

Guru SMU UII

    1. Pelaksana

Irwan Nuryana Kurniawan, S.Psi, M.Si
Pelatihan bagi Siswa

Adapun untuk siswa, akan diberikan satu pelatihan yang secara konsep mengacu kepada hasil need analysis yang dilakukan, yaitu achievement motivation. Tujuan tema pelatihan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dimensi motivasi berprestasi yang dimiliki oleh mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Sasaran dari kegiatan ini adalah 30 mahasiswa yang diambil berdasarkan kriteria keterwakilan dalam kelas. Adapun pelaksana untuk pelatihan bagi siswa ini adalah Emma Indirawati, S.Psi, M.Psi.




  1. Struktur Pelaksana

Ketua Pelaksana : Emma Indirawati, S.Psi, M.Psi

Anggota : Susilo Wibisono

Asisten : 3 mahasiswa yang mengambil MK Seminar

Psikologi Islami

Tenaga Ahli : KH. Hamdani Bakran Adz Dzaikey

H.Fuad Nashori, S.Psi, M.Si



  1. Jadwal Kegiatan

Kegiatan

Waktu

Sept

Okt

Nov

Des

Jan

Feb

 

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

Penyusunan Proposal

 

 

 

 

 

Libur Hari raya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rekrutimen Asisten

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan Modul Pelatihan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kordinasi dengan Pihak Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji Coba Modul Pelatihan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan alat ukur evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

revisi Modul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Pre test

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Pelatihan pada Guru dan siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Post Test

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan Laporan akhir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seminar Hasil Kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diseminasi Hasil Kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




  1. Rencana Anggaran Kegiatan

No

Uraian

Frekuensi

Banyaknya unit

Harga per Unit

Total

1

Persiapan

 

 

 

 

 

a. Penyusunan Proposal

1

2

Rp150,000.00

Rp300,000.00

 

b. Pelaksanaan Need Assessment

1

1

Rp100,000.00

Rp100,000.00

2

Bahan Habis Pakai

 

 

 

 

 

a. kertas A4

1

1

Rp25,000.00

Rp25,000.00

 

b. Tinta Printer

1

1

Rp25,000.00

Rp25,000.00

3

Penyusunan Modul

 

 

 

 

 

a. Penyusunan Modul Pelatihan Guru

10

20

Rp5,000.00

Rp1,000,000.00

 

b. Penyusunan Modul Pelatihan siswa

1

20

Rp5,000.00

Rp100,000.00

 

c. Uji Coba Modul

 

 

 

 

 

c.1. Konsumsi pemateri uji coba

1

10

Rp10,000.00

Rp100,000.00

 

c.2. Konsumsi Peserta uji coba

5

10

Rp10,000.00

Rp500,000.00

4

Honorarium

 

 

 

 

 

a. Honorarium Ketua Tim (Emma)

6

1

Rp300,000.00

Rp1,800,000.00

 

b. Honorarium Anggota Tim (Susilo)

6

1

Rp190,000.00

Rp1,140,000.00

 

c. Honorarium Asisten

6

3

Rp100,000.00

Rp1,800,000.00

5

Penyusunan Alat Ukur

 

 

 

 

 

a. Penyusunan alat ukur evaluasi

11

1

Rp10,000.00

Rp110,000.00

7

A. Pelaksanaan Pelatihan

 

 

 

 

 

a. Biaya Trainer Guru

10

1

Rp300,000.00

Rp3,000,000.00

 

b. Konsumsi Peserta

5

25

Rp10,000.00

Rp1,250,000.00

 

c. Konsumsi trainer & Co Trainer/Asisten

5

5

Rp10,000.00

Rp250,000.00

 

d. Biaya action Plan

5

25

Rp20,000.00

Rp2,500,000.00

 

e. Penggandaan Modul

200

25

Rp100.00

Rp500,000.00

 

f. Fee Pembukaan dari Kabupaten

1

1

Rp200,000.00

Rp200,000.00

 

g. Pelaksanaan pre test-post test Guru

20

25

Rp200.00

Rp100,000.00

 

B. Pelatihan Siswa

 

 

 

 

 

a. Biaya Trainer Siswa

5

3

Rp50,000.00

Rp750,000.00

 

b. Konsumsi Peserta

5

30

Rp10,000.00

Rp1,500,000.00

 

c. Konsumsi Trainer

5

3

Rp10,000.00

Rp150,000.00

 

d. Penggandaan Modul

50

30

Rp100.00

Rp150,000.00

 

e. Pelaksanaan Pre test - post test siswa

2

30

Rp200.00

Rp12,000.00

8

Penyusunan Laporan

 

 

 

 

 

a. Analisis Data Hasil Evaluasi

1

1

Rp100,000.00

Rp100,000.00

 

b. Penyusunan Laporan Hasil

1

1

Rp300,000.00

Rp300,000.00

9

seminar Dan Diseminasi

 

 

 

 

 

a. Honorarium Tenaga Ahli (Pak Fuad & Pak Hamdani)

2

2

Rp300,000.00

Rp1,200,000.00

 

b. Konsumsi Yang Hadir

1

30

Rp10,000.00

Rp300,000.00

 

c. Cinderamata untuk Peserta

1

30

Rp20,000.00

Rp600,000.00

 

d. Penggandaan Laporan

30

1

Rp2,000.00

Rp60,000.00

 

TOTAL

Rp19,922,000.00

Kataloq: wp-content -> uploads -> Arsip -> ARSIP-DOC
uploads -> Mühazirə Tarix, elm və fəlsəfə. Anlayışlar və ideyalar Keçmiş və Tarix
uploads -> Amerikalılarda Azərbaycan haqqında daha geniş təsəvvür yaratmağa çalışacağam
uploads -> Mühazirə1:İqtisadi informatikanın əsas anlayışları İnformatika haqqında ümumi məlumat
uploads -> Frankfurt məktəbi
uploads -> İxtisasın (proqramın) şifri və adı: 040545 Kompyuter şəbəkələrinin və hesablama texnikasının
uploads -> Onlayn jurnaliSTİka fənninin
uploads -> Mühazirə mətinləri. Matrislər və onlar üzərində əməllər
uploads -> İxtisasın (proqramın) şifri və adı 040529 – Nəqliyyatda daşımaların təşkili baki – 2014
uploads -> Multimedia Mərkəzi Ali təhsil müəssisələrinin jurnalistika fakültələri üçün multimedia jurnaliSTİkasi fənninin
ARSIP-DOC -> Peminat pkm meningkat

Yüklə 225,8 Kb.

Dostları ilə paylaş:




Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©muhaz.org 2022
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə